Tujuan Hidup Manusia


Dakwahpos.Com, Bandung –hidup akan indah apabila kita dekat dengan tuhan dan akan mendapat kan kebahagian tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat lalu bagaimanakah agar kita bisa dekat dengan tuhan kita dan tidak tersesat ke jalan yang salah ? pada kesempatan naufal membawakan ceramah yang berjudul "tujuan hidup manusia"

Kita hidup di dunia ini harus nama nya mempunyai yang nama nya tujuan hidup kemana kita akan melangkah kemana tujuan kita yang sebenarnya contoh nya seperti ketika kita akan keluar dari rumah lalu kita mempunyai tujuan maka hidup kita akan indah akan tetapi bila sebalik nya ketika kita ke luar rumah tidak mempunyai tujuan maka kita akan tersesat alllah swt berfirman di dalam al qur'an surat azariyat ayat 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya: Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

Sudah jelas bahwasanya kita di lahirkan di muka bumi ini tidak lain dan tidak bukan untuk beribadah kepada robb kita dan kita juga harus meyakini bahwasanya allah yang memberika kita sehat allah yang memberikan kita rizki allah juga yang menghidupkan dan mematikan kita  Pengertian ibadah sangatlah luas dan tidak hanya terbatas pada ritual-ritual khusus semata. Semua aktivitas manusia yang dilakukan dalam rangka mewujudkan ketaatan kepada Allah Ta'ala dan sejalan dengan ridha Allah maka ia termasuk ibadah.

Menurut tafsir Ibnu Qoyyim Al Jauziyah:

" bahwa tujuan Allah menciptakan kita manusia serta jin dan makhluk lainnya di bumi ini adalah untuk beribadah kepada-Nya. Allah tidak mungkin menciptakan makhluk begitu saja tanpa pelarangan atau perintah" .

Tujuan ini mendidik manusia untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

Manusia adalah makhluk pilihan yang dimuliakan oleh Allah dari makhluk ciptaan-Nya yang lainnya. Islam menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan manusia berasal dari tanah, kemudian menjadi nutfah, alaqah, dan mudgah sehingga akhirnya menjadi makhluk Allah SWT yang paling sempurna dan memiliki berbagai kemampuan.

Tercatat empat macam keistimewaan yang diberikan Oleh Allah kepada manusia ialah, akal, agama, rasa malu, dan amal shalih. Manusia sebagai pemimpin bumi mendapat kedudukan yang mulia disisi Allah SWT. Sebagai khalifah, manusia dianugerahi keistimewaan dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya.

Mudah mudahan ceramah yang singkat ini bermanfaat dan kita mudah mudahan semakin taat beribadah kepada allah dan mudah mudahan kita bisa mengikuti suri tauladan nya rosulullah

Demikian lah yang di sampaikan dalam ceramah yang dibawakan oleh Muhammad Raden Nur Naufal dalam tayangan youtube nya

Editor:Muhammad Raden Nur Naufal KPI-3 C

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Dakwahpos 2023