Tetap sabar dan Bijaksana ketika kita Di Landa Musibah Dan Bencana

Semua yang hidup akan binasa, menembus kodrat alam menuju keabadian ......." 
Ungkapan filosofis Shakespeare tersebut dalam konteks agama selaras dengan ungkapan "kita semua milik Allah dan akan kembali kepadaNya". Suatu ungkapan kesadaran tentang datangnya maut yang secara tiba-tiba dan tak dinyana. Adalah suatu kebenaran yang tak dapat dihindari, setiap yang bernyawa pasti mati. Barangkali 'cara mati'lah yang sering menjadikan kepiluan menjadi berlebih. 
27 Mei 2006, gempa dengan 5.9 Skala Richter, selama 57 detik, pada jam 05.55 adalah salah satu 'cara' yang Tuhan kehendaki bagi sebagian orang di DIY dan Jateng untuk menyongsong keabadian. Bagi sebagian besar yang lain adalah kepiluan yang dalam. 27 Mei 2006 bukan musibah dan bencana satu-satunya di DIY, bukan yang pertama dan juga bukan yang terakhir. 'Sentuhan cinta Tuhan untuk menyapa umat', barangkali adalah ungkapan bijak untuk tidak menempatkan musibah dan bencana sebagai murka Tuhan. 
Bijak adalah satu sikap yang harus tumbuh bagi warga Yogyakarta yang berbudaya dan beragama. Rangkaian musibah dan bencana, dari wabah penyakit, banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa, dan badai, selain merupakan dinamika alam untuk mencapai keseimbangan juga merupakan peringatan Tuhan agar manusia menjaga keseimbangan hidup. Imbang antara jagat ciliknya dengan jagat gedhenya maupun imbang kesadaran menjaga hak dan kewajibannya sebagai umat. 
Membuka kembali memory tentang musibah dan bencana di Yogyakarta, bukan bermaksud menambah kepiluan dan keputusasaan. Tetapi dimaksud untuk mengingatkan bahwa dinamika alam senantiasa terjadi selama alam masih ada. Oleh karena itu, upaya membangkitkan semangat pantang menyerah dalam konteks kepasrahan pada kekuasaan Tuhan harus senantiasa ditumbuhkan. Lebih dari itu hendaklah menjadi darah bagi semangat mewujudkan sikap bijaksana untuk membangun kembali Yogyakarta yang ayem tentrem kerta raharja.
Zia Najmi Hamdun
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Jawa barat.
Kp.Cijere Hilir Ds. Tenjolaya Kec. Kasomalang Kab. Subang
087843246901

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023