Perketat Persatuan untuk Menghadapi adapi Bencana

Kita tetap bangsa yang penuh dengan solidaritas dan kasih terhadap sesama. Korban musibah dan bencana tidak sendirian. Mereka mendapatkan uluran tangan dari saudara sebangsa.
Luar biasa apa yang kita hadapi hari-hari ini, berlawanan dengan yang kita doakan menjelang Tahun Baru. Alih-alih keadaan lebih baik, justru kita menghadapi aneka bencana.
Ada pesawat jatuh, banjir, tanah longsor, dan bencana hidrometeorologis lain, serta erupsi gunung berapi. Semua terjadi justru saat kita sedang berjuang menanggulangi wabah virus korona. Terkait keadaan sulit ini, kita mohonkan kekuatan dan ketabahan kepada Yang Mahakuasa agar kita mampu menghadapi semua musibah dan bencana itu. 
Tentu saja sambil kita berpikir dan merenungkan apa pesan yang dikandung dalam setiap bencana dan musibah yang terjadi.
Selain kolaborasi dan kerja sama antarpemerintah daerah di wilayah hulu dan hilir, Menko PMK juga menegaskan pentingnya kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat. Ia menilai bahwa banyak kejadian bencana alam terutama banjir yang disebabkan oleh ketidakdisiplinan masyarakat.
Keberadaan rumah-rumah tidak layak huni di sekitar bantaran sungai dapat menghambat laju air ketika turun hujan. Bahkan, tidak jarang justru masyarakat yang tinggal di sana yang seringkali menjadi korban paling awal dalam kejadian bencana banjir.


Zia Najmi Hamdun
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Jawa barat.
Kp.Cijere Hilir Ds. Tenjolaya Kec. Kasomalang Kab. Subang
087843246901

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023