Bencana dan duka warga Indonesia


Baik Indonesia maupun negara-negara lain selain dari pada Indonesia pasti mengalami atau pernah mengalami yang Namanya kejadian bencana, baik itu bencana kecil ataupun bencana sedang bahkan mungkin bencana besar yang kita sebagai umat muslim menyebutnya kiamat sugra, sangat mengerikan memang kejadian tersebut apalagi jika kita yang berada dalam posisi yang melihat kejadian tersebut dengan mata kepala sendiri.
Kita lihat Indonesia ini merupakan negara dengan penduduk yang ramah tamah lojinawi dan Makmur penuh dengan keceriaan dan kesukaan dan menjadi negara denga sumber daya alam yang cukup Makmur dan kaya di mata dunia,namun semua keceriaan dan kesukaan tersebut berubah tatkala kejadian – kejadian yang mengerikan terjadi, kita melihat kejadian tsunami saat itu di aceh yang melahap pemukiman dan seluruh kendaraan dan tak terkecuali lahan dan rumah- rumahnya.
Dan kita tahu banyak sekali orang yang menjadi korban dari pada tsunami tersebut entah itu hilang atau bahkan dikabarkan meninggal, kita tak tahu apa yang akan terjadi kepada setiap makhluk Allah yang berada di muka bumi ini, lalu kita lihat kejadian mengerikan yang sekarang sedang terjadi dimana banyak orang yang mengungsi ketempat yang tentu saja tidak nyaman untuk beberapa orang untuk menghindari erupsi gunung yang mengerikan dari gunung semeru, puluhan orang dikabarkan meninggal  dunia dan puluhan lainnya dikabarkan mengalami luka baik itu luka berat maupun ringan.
Lalu ada apa dengan ini semua? Kenapa banyak orang yang mungkin tidak berdosa seperti anak kecil menjadi korban dan ikut mendapat getah dari bencana- bencana yang terjadi, apakah ini azab? Tapi kenapa tuhan tidak menghukum beberapa orang tertentu yang merupakan orang berdosa dan berbuat kemungkaran? Ataukah mungkin alam sedang marah kepada manusia? Entahlah yang pasti manusia adalah mahluk Allah yang sudah sepantasnya menjadi hamba yang ikut menjaga kelestarian alam dan beribadah kepadanya dengan menjalani ketaatan.
Dan sebagai manusia yang beragama tentu kita percaya dengan apa yang kita sebut dengan takdir, yang mana dalam islam itu merupakan sesuatu rukun dalam beragama islam, tentu saja itu adalah ketetapan Allah sang khalik sebagai tuhan yang merajai seluruh alam, namun di samping itu manusia juga harus berlaku adil, baik itu kepada dirinya sendiri maupun kepada orang lain,mahluk lain dan lingkungan sekitar yang kita injaki ini, karena jika tidak, maka bukan hanya pelaku kerusakan tersebut yang merasakan, namun orang- orang yang tidak berdosa dan tidak tahu menahu pun akan kena getah dari perbuatan merusak tersebut.

Taufik Hidayat
Mahasiswa KPI'3D UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Cicalengka, Bandung, Jawa Barat
082218505882
Taufikshelby255@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023