Sop Ayam Pak Min Klaten Yang Enak Dimakan Bersama Keluarga Di Musim Hujan

Sop Ayam Pak Min Klaten salah satu kuliner legendaris asal Klaten. Meskipun berasal dari klaten namun sop ayam ini cukup terkenal di Bekasi, Jatiasih. Sop Ayam ini dikenal karena potongan ayamnya yang enak dengan bumbu yang meresap, kuahnya yang segar dan gurih dan sangat enak dimakan bersama keluarga saat musim hujan.

Disaat musim hujan datang paling cocok menyantap makanan yang berkuah panas dan segar. Itulah yang saya dan keluarga saya lakukan ketika musim hujan datang. Selain menghangatkan badan, sop ayam Pak Miin juga menambah kehangatan dalam hubungan keluarga.

Ditengah deras dan dinginnya hujan, memang sering kali membuat perut selalu berbisik. Pada Selasa sore (16/11/2021) hujan turun cukup lama, hal yang pertama kali muncul di otak kami yaitu Sop Ayam Pak Min. Sop Ayam Pak Min memang sudah menjadi menu wajib yang harus saya dan keluarga santap di musim hujan karena ketika hujan turun, perut berbunyi, dan semangkuk soto sop ayam sangat enak untuk dinikmati. 

Sop Ayam Pak Min menjadi sop ayam yang sangat dirindukan oleh saya dan keluarga kala di musim hujan. Jadi ketika musim hujan datang, Sop Ayam ini menjadi santapan yang membuat saya dan keluarga bersemangat untuk menyantapnya.

Satu lagi yang perlu diketahui bahwa makan di tempat juga menambah kenikmatan dalam menyantap Sop Ayam Pak Min. Saya dan keluarga juga selalu menyempatkan makan di tempat karena menghemat pengeluaran ongkos kirim jika dipesan lewat online karena dimasa sekarang memang sudah mudah untuk memesan makanan tanpa harus keluarga, tapi tidak dengan saya dan keluarga.

Dari papan menu, terdapat beberapa pilihan sop ayam. Saya yang selalu pilih menu sop ayam paha langsung memesan tanpa melihat daftar menu lagi dengan harga 17 ribu rupiah, sekalian dengan es jeruk dengan harga 6 ribu rupiah.

Sop Ayam Pak Min ini memang cukup sederhana karna memang hanya tersedih sop ayam dengan berbagai pilihan bagian ayam, namun dengan menu yang sederhana dan harga yang tentu terbilang cukup murah tapi rasa dari sop ayam ini memang paling cocok dilidah saya dan keluarga.

Usai makan, saya menyapa Mas Bagus dan Mba Fatma yaitu karyawan Sop Ayam Pak Min. Sop Ayam Pak Min cabang bekasi ini sudah berdiri sejak 2013. Yang membedakan Sop Ayam Pak Min ini yaitu selain menggunakan ayam kampung, sop ayam ini memiliki konsep yang bernama sop pisah karena memiliki 10 menu pilihan potongan ayam dari bagian dada hingga ampela tentunya dengan nasi terpisah.

Di tengah waktu Mas Bagus melayani pelanggan, saya bertanya tentang sejarah dari Sop Ayam Pak Min serta kapan cabang di Bekasi, Jatiasih ini dibuka.

"Kalau cabang di Jatiasih ini mulai buka pada tahun 2013, jadi kita kurang lebih sudah 8 tahunan lah," kata Mas Bagus yang sembari menuangkan kuah ke mangkuk.

Awal berdirinya

"Awal mulanya sop ayam ini karena ini usaha keluarga dari Pak Min atau Tugimin dan istrinya kemudian makin banyak pelanggannya. Lalu terus berkembang dan mulai mencari tempat untuk warung sup pertamanya, yakni di emperan toko (perko) dekat Masjid Raya Klaten. Dari sana, usahanya makin maju hingga akhirnya bisa membeli ruko di Pasar Klaten. Dan sampai hari ini sudah banyak cabang di berbagai daerah," Kata Mas Bagus.

Mba Fatma mengatakan bumbu-bumbu yang digunakan pun juga tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang. Karena memang bahannya mudah di temukan di pasar.

"Bumbu-bumbu yang kita gunakan juga tidak pernah berubah karena memang gampang ditemukan, dan mungkin orang-orang juga udah banyak yang mungkin buat sendiri dirumahnya. Dan itu juga tidak ada masalah bagi kami tapi pasti ada saja rasa yang berbeda dari yang aslinya," kata Mba Fatma.

Mba Fatma juga menambahkan banyak orang yang bilang Sop Pak Min Paling enak di santap ketika hujan namun ketika tidak musim hujan juga sop ayam pak min tetap habis terjual setiap harinya.

"Memang benar banyak yang bilang Sop Ayam Pak Min memang enak dimakan di saat musim hujan tapi biasanya kalau tidak musim hujan pun sop ayamnya tetap terjual habis. Jadi itu balik lagi ke selera masing-masing," tambah Mba Fatma

Mas Bagus menambahkan bahwa Sop Ayam Pak Min juga selalu terjual habis setiap harinya. Toko mulai di buka pukul 10.00-habis. Dan biasanya jam 9 malam juga sudah habis.

Aisyah Azizatunnida

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023