Salah Satu Ciri Hamba Allah

Manusia yang hidup di dunia ini merupakan hamba Allah SWT, tetapi ciri-ciri hamba Allah yang sebenarnya bisa ditemukan pada kitab suci Al-Qur'an. Salah satu cirinya yaitu orang-orang yang suka menunaikan shalat sunnah tahajud di malam hari yang terdapat pada surat Al-Furqon ayat 64.

وَالَّذِيْنَ يَبِيْتُوْنَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَّقِيَامًا

"Dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri."

            Dilansir dalam tafsir Al-Qur'an surat Al-Furqan ayat 64 Kemenag RI, Mereka mengerjakan salat malam salat tahajud seperti yang dilakukan Rasulullah SAW, karena dengan salat di malam hari itu jiwa menjadi suci dan bersih. Iman menajdi bertambah, keyakinan menjadi mantap bahwa tiada Tuhan selain Dia.

Pada malam itulah kita memohon dan berdoa dengan penuh tawaduk, khusyuk dan yakin kepada Allah bahwa Allah Maha Pengampun atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat dan memohon agar dilimpahkan rahmat dan keridaan-Nya. Setelah melakukan salat malam itu, insyaallah kita akan tertidur lagi dengan membawa perasaan bahagia penuh tawakal dan takwa.

Terdapat d alam sebuah riwayat yang dikemukakan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis "Bahwasannya Rasulullah SAW ditanya orang, "Salat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu)?" Rasulullah SAW menjawab "Salat tahajud." (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Bangun di malam hari setelah tidur untuk melaksanakan shalat sunnah tahajud memanglah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, dengan keteguhan hati, niat, dan usaha semuanya akan menjadi lebih mudah

Sekarang renungkan masing-masing hati dan pikiran kita, apakah kita sudah termasuk hamba Allah yang disebutkan ciri-cirinya pada Al-Qur'an? Apakah kita sudah pernah melakukan shalat sunnah tahajud? Jika pernah, apakah sudah berusaha untuk istiqamah?.

Manusia memang tempat lupa dan salah, tetapi Allah SWT selalu memaafkan dan memberikan jalan keluar bagi hambanya yang benar-benar ingin berubah menjadi lebih baik. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini bagi yang Maha Kuasa.

 

Amalia Ristanti, Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023