Perkuat Bhineka Tunggal Ika Dengan Toleransi

Indonesia merupakan Negara yang multikultural dengan berbagai keberagaman antara lain yaitu ras, suku, agama, bahasa, dan adat istidat. Keberagaman ini merupakan salah satu penguat negara dan juga aset negara yang harus dijaga. Keberagaman ini juga merupakan arti dari semboyan negara, yaitu Bhineka tunggal ika yang mempunyai arti yang menyatukan bangsa indonesia dengan tujuan yang sama.
Di dalam perbedaan ini seluruh bangsa Indonesia harus mempunyai sikap toleransi, karena tolerasi ini merupakan dasar atau pondasi untuk memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jika tanpa adanya tolerasi, bangsa Indonesia akan mudah untuk hidup semena-mena dan bisa menghancurkan NKRI ini. Bangsa indonesia juga harus mempunyai rasa nasionalis untuk mempersatukan walaupun banyak keberagaman. 
Di dalam diri kita harus mempunyai sikap toleransi yang dimana toleransi itu mengajarkan semua untuk selalu berperilaku baik dan menerima perbedaan yang terdapat pada orang lain. Toleransi ini melatih kita untuk menghormati perbedaan, menghargai pendapat yang berbeda, dan tidak memaksakan kehendak secara sepihak. Dengan adanya toleransi ini masyarakat lebih menghargai adanya perbedaan ini dengan adanya sikap toleransi.
Selain untuk mengahargai perbedaan, toleransi ini juga bisa menjaga suatu keharmonisan antar masyarakat. Dengan adanya sikap tolerasi ini semuanya bisa hidup di dalam kenyamanan dan ketentraman khususnya di dalam hidup bermasyarakat tanpa adanya suatu konflik karena sebuah perbedaan tertentu. Selain itu juga sikap toleransi itu bertujuan untuk mencegah terjadinya perpecahan akibat dari banyaknya perbedaan.
Dalam hal lain, toleransi ini juga bisa mendukung terhadap semboyan negara Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika. Didalam semboyan itu, semua masyarakat harus punya tolerasi yang kuat. Apalagi di Negara Kesatuan Republik Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke rakyatnya berbeda-beda entah itu dari suku bangsa, agama, ras dan juga bahasa.
Oleh karena itu sikap tolerasi ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI. Karena dengan adanya sikap tolerasi ini Bhineka Tunggal Ika ini bisa menjadi lebih kuat untuk membangun NKRI yang lebih kuat dan tiadak ada perselisihan antar perbedaan - perbedaan yang ada di NKRI

Rafi Hidayat Ruswandi
Mahasiswa KPI UIN 
Sunan Gunung djati, Bandung
087823927322


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023