Pentingnya Mitigasi Bencana di Masa Pancaroba

Berbagai macam keunikan tersendiri yang ada di Indonesia itu salah satunya yaitu dimana ada nya berbagai macam musim yang ada di Indonesia, ada musim kemarau dan musim hujan. Terkadang, perubahan musim kerap terjadi di Indonesia dari musim kemarau langsung ke musim hujan, ataupun bisa terjadi dalam waktu bersamaan, bisa saja dihari yang sama dapat terjadi cuaca yang berbeda dari cuaca yang panas tiba-tiba langsung adanya dari cuaca yang panas menjadi dingin atau sebaliknya.


"BMKG Kelas I Juanda mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Terlebih saat ini masa pancaroba, atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan".


Pada saat pancaroba terjadi, cuaca memang kadang tidak menentu. Bisa dengan cepat berubah secara tiba-tiba. Saat musim pancaroba terkadang cuaca dapat dengan cepat berubah-ubah dengan tiba-tiba, terkadang pada siang hari bisa panas kemudian tiba-tiba dengan cepat terjadi hujan yang sangat lebat.


Pada bulan Oktober saat ini pun, sering terjadi peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan atau biasa disebut musim pancaroba. Pada musim pancaroba terkadang terjadi bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, maupun longsor. Itu sering terjadi karena misalnya pada suatu tanah yang sangat kering dan kurangnya pepohonan untuk menghadang tanah, maka longsor pun tidak dapat dihindari ketika datang hujan yang sangat lebat, dan itu sangat membahayakan kepada masyarakat yang rumah nya sangat berdekatan dengan tanah yang tingkat tanah nya tidak stabil, maka perlu adanya terasering untuk mencegah terjadinya longsor.


Maka dari itu di musim yang dapat sewaktu-waktu dapat berubah dengan cepat yang tadinya panas bisa dengan waktu yang cepat dapat terjadi nya hujan deras, kita mesti siap menghadapi berbagai cuaca yang dapat membahayakan baik dari segi bencana alam maupun cuaca yang tidak bersahabat dengan tubuh, maka menjaga asupan mineral vitamin, ataupun cairan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Ataupun untuk sigap menghadapi apabila terjadi bencana alam pada musim pancaroba, maka kita semua mesti melakukan mitigasi bencana agar terhindar dari berbagai bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.


Ilham Rahmat Maulana
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
Bandung, Jawa Barat
085703018655

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023