Pentingnya Karantina Setalah Perjalanan dari Luar Negeri




Covid-19 yang berasal dari kota wuhan tepat nya di China pada tahun 2019, virus covid-19 ini sangat mudah menular sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis. Virus dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas. Sehingga kita harus lebih hati-hati karena virus ini bisa dapat tertular jika menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi. Virus lebih mudah menyebar di dalam ruangan dan di tempat ramai.


Setalah satu tahun di tutupnya penerbangan dari Indonesia ke Luar negeri karena covid-19, akhirnya penerbangan internasional kembali dibuka. Pastinya dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan. 


Karantina setelah melakukan perjalanan internasional pun sangat dibutuhkan. Selain sebagai tindakan preventif karantina juga dibutuhkan sebagai bentuk saling melindungi satu sama lain. 


Hal ini sesuai peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Karantina penting agar seseorang yang baru saja bepergian dari luar negeri dapat diawasi dan diobservasi apakah orang tersebut positif atau negatif Covid-19. Namun, sebelum pemberangkatan harus melakukan swab antigen, vaksin dosis 2. Mengapa harus melaksanakan karantina setelah perjalanan dari luar negeri? Karena untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19. 


Oleh sebab itu pentingnya saling menjaga satu sama lain. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kita sama-sama gaungkan bahwa betapa pentingnya menjaga protokol kesehatan demi kelangsungan hidup semua.







Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023