Toleransi Keberagaman Demi Ketentraman

Toleransi Keberagaman Demi Ketentraman

 

Toleransi dan keberagaman sudah menjadi ciri khasnya Indonesia, baik suku, agama, ras, maupun budaya. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat  yang terdapat perbedaan dalam berbagai bidang. Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu) adalah semboyan dari negara Indonesia yang sampai saat ini masih kita percayai sebagai pegangan untuk menjalani hidup.

 

Keragaman itu berasal dari kekayaan dan ragam keindahan bangsa Indonesia. Semua keberagaman itu harusnya bisa dijaga dengan baik. Keberagaman berkaitan dengan toleransi. Toleransi memiliki arti menghargai sebuah perbedaan. Indonesia sebagai negara yang kaya dan terkenal akan keramahannya maka seharusnya toleransi dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Hidup akan damai tanpa ada saling menjatuhkan baik antar suku, ras, agama maupun budaya. Tetapi kadang masih ada oknum-oknum yang mengadu domba satu sama lain karena perbedaan. Apabila salah satunya merasa tidak di hargai maka akan terjadi permusuhan.

 

Di platform tertentu masih ada yang mengoreksi pemikiran dari perspektif lain. Contohnya di suatu agama itu ada hal yang diperbolehkan. Tapi, yang mengoreksi agama lain dan menjelekkan agama tersebut karena di agamanya dia hal tersebut tidak di normalisasi dan merasa agamanya adalah paling benar. Seharusnya balik lagi ke toleransi, semua orang tidak harus sama keyakinannnya dengan yang lain dan setidaknya menghargai dan tidak mengganggu yang lain.

 

Dengan adanya perbedaan sesama warga negara yang baik harus saling mengerti dan menerima. Banyak yang bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena perbedaan tersebut yang bisa menjadi patokan kita untuk bisa membut Indonesia menjadi tetap merdeka. Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi toleransi maka dari itu harus saling menghargai apapun kepercayaan, keyakinan, bagaimanapun bentuk tubuh seseorang, dan warna kulit orang lain.

             

Semoga sebagai generasi Indonesia semakin sadar akan keberagaman dan perbedaan itu seharusnya dihargai dan bukan menjadi alasan untuk terpecah belah dan semakin mempererat tali persaudaraan sehingga tercipta ketentraman.

Maghrisul Akhiroh Syam

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat.

Jl. Sekar Kemuning No. 92 Rt. 02 Rw. 03 Kel. Karyamulya Kec. Kesambi Kota Cirebon

085703119298

syamgrish@gmail.com

 

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023