Pedulilah Bersama Terhadap Perubahan Iklim

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwanya Indonesia sudah memasuki musim penghujan tahun ini. Dengan begitu, seharusnya bahwa saat ini provinsi Banten sudah memasuki  musim penghujan. Tetapi sebaliknya, provinsi banten sedang tahap semi akhir musim kemarau. Dalam artian tidak semua daerah tersebut mengalami hujan.

Meski beberapa zona telah diguyur hujan, namun kondisi tersebut belum menunjukan saat ini sudah memasuki musim penghujan. Salah satu contohnya didaerah Kabupaten Tangerang, dimana dua bulan sebelumnya hingga saat ini belum terjadinya hujan.  Dan beberapa ahli-pun berpendapat bahwasanya, kemungkinan akan muncul terjadinya musim pancaroba.

Meskipun begitu saat ini bisa menjadi acuan bersama terhadap lingkungan sekitar, agar kita mengantisipasikan  hal-hal yang kemungkinan akan terjadi di kedepannya dengan mengaca pada peristiwa yang pernah dialami sebelumnya. Seperti yang pernah kita rasakan, selain pancaroba menyerang imun tubuh manusia, hal tersebut juga bisa menimbulkan peristiwa alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa kita antisipasi dengan cara bergotong royong, seperti menambah luas tanaman atau melakukan penghijaun, mengecek fasilitas publik apabila yang sudah rapuh, serta membersihkan saluran-saluran air disekitar rumah, dan yang paling utama ialah diri kita sendiri yang harus bergerak. dengan demikian selain kita terhindar dari musibah, hal tersebut juga menambah rasa kepedulian serta meningkatkan sifat sosial yang tinggi.
 
Masyarakat juga harus peka dengan bersiap siaga menghadapi pancaroba, menjaga drainase lingkungan sekitar, tidak membuang sampah sembarangan, menebang pohon yang terlalu tinggi di pinggir jalan dan segera lapor ke pemerintah desa setempat jika terjadi retakan tanah akibat hujan lebat.


Hafadlah Triananda
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023