Cara Jitu Hadapi Musim Pancaroba


Pergantian musim yang biasa disebut musim pancaroba akan terjadi setiap tahunnya, pergantian musim dari penghujan ke kemarau atau sebaliknya kerap membuat tubuh terasa tidak fit bahkan terkena suatu penyakit. Suhu udara yang terkadang panas dan terkadang dingin membuat suhu tubuh berubah drastis sehingga rentan dengan berbagai gangguan dari luar, misalnya virus dan bakteri. Walaupun demikian, ada cara-cara sederhana yang dapat lakukan untuk menjaga tubuhmu tetap sehat di tengah musim pancaroba ini.

Menjaga kebersihan tempat tinggal menjadi langkah pertama untuk menjaga kesehatan tubuh pada musim pancaroba. Pepatah mengatakan, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Jika ingin sehat, hal pertama yang harus lakukan adalah menjaga kebersihan. Selain menjaga kebersihan diri, menjaga   kebersihan tempat tinggal juga penting. Jika hujan masih sering turun, pastikan tidak ada genangan air, baik di luar maupun di dalam rumah. Genangan air bisa menjadi sarang bakteri dan nyamuk penyebab malaria dan demam berdarah.

Selanjutnya, Musim pancaroba membuat daya tahan tubuh naik turun tak menentu, kamu harus tetap rutin berolahraga. Olahraga terbukti dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Jika sistem saya tahan tubuh baik, maka akan tetap sehat dalam kondisi cuaca apapun. Jenis olahraga yang disarankan adalah berjalan kaki dan berlari. Saat berolahraga jantung akan memompa darah lebijh cepat keseluruh tubuh, sehingga metabolisme tubuh lebih baik dan lebih banyak memproduksi sel-sel tubuh baru dan lebih tahan terhadap penyakit. Waktu olahraga yang disarankan adalah tiga kali seminggu minimal 30 menit.

Selain kebersihan dan berolahraga, kebutuhan air pada tubuh juga harus terpenuhi. Air adalah zat yang paling banyak dalam tubuh manusia. Karenanya tubuh sangat membutuhkannya untuk menjalankan sistem organ. Dalam menghadapi musim yang tidak menentu, kamu mesti banyak mengonsumsi air sehingga tidak mengalami dehidrasi. Selain untuk menghindari dehidrasi, banyak minum air juga bisa membuat tubuh lebih bugar dan meningkatkan kekebalan tubuh. Air yang dikonsumsi harus dipastikan bersih yaitu jernih dan tidak berbau.

Satu yang juga penting tetapi sering dilupakan dan tidak diperhatikan untuk menjaga kesehatan adalah istirahat cukup. Karena, istirahat dapat membantu tubuh untuk kembali memperbaiki kerja sistem organ, meregenerasi sel-sel yang rusak dan kembali meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat yang cukup diperlukan di tengah musim yang tidak menentu. Disarankan untuk tidur minimal 8 jam pada malam hari agar kondisi tubuh esok hari prima.

Kayla Mumtaz Farhanah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023