Ayo Berjemur Sebelum Diguyur

Menanggapi Prakiraan cuaca dari halaman resmi BMKG Sebagian besar Kabupaten Kota di Indonesia pada pagi hari itu di perkirakan cerah sampai cerah berawan, oleh karena itu ini adalah saat yang tepat untuk kita melakukan kegiatan berjemur. Mengapa kegiatan berjemur ini harus mulai giat di lakukan? Itu karena kita harus mewaspadai musim pancaroba yang kita hadapi saat ini.


Memanfaatkan hari cerah untuk senantiasa ber olah raga untuk saat ini benar benar penting untuk di lakukan hal itu di karenakan cuaca yang tidak menentu biasanya membuat kita untuk malas berolahraga apalagi hujan yang kadang melanda dalam beberapa hari kebelakang yang tidak menentu turunnya, oleh karena itu manfaatkan hari hari cerah karena kita tidak akan tau hari esok akan hujan atau cerah Kembali.


Dalam menghadapi musim pancaroba saat ini Kesehatan badan kita sedang berperang dengan berbagai penyakit khususnya dalam menghadapi penyakit Covid-19 yang belum padam sampai saat ini. Salah satu usaha agar badan kita selalu sehat dan segar yaitu dengan cara berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan asupan Vitamin D dan yang lainnya.


Menurut Prof.Dr. Madarina Julia, Sp.A(K),MPH., Ph.D, dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada beliau berpendapat bahwa sinar matahari adalah sumber utama vitamin D alami yang di butuhkan tubuh dan berfungsi sebagai zat yang memperbaiki system imun tubuh.


Selain itu, menurut Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dalam laman resminya juga menganjurkan agar dapat berjemur di bawah sinar matahari langsung pada setiap pagi dalam kurun waktu 15 sampai 30 menit, dan tentunya untuk pasien Covid-19 hal ini sangat lah di anjurkan untuk proses pemulihan. Kementrian Kesehatan juga memberitahu bahwa paparan sinar matahari yang terbaik untuk Kesehatan yaitu mulai dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 15.00 sore.


Mengapa Kemenkes lebih menyarankan pada jam itu?, Menurut Prof. Dr. Mandarina berjemur terlalu pagi itu dapat menyebabkan beberapa penyakit, hal ini dikarenakan kondisi cahaya matahari yang masih rendah dan juga kondisi udara yang kurang baik terlebih lagi yang berada di kota kota besar yang memiliki tingkat polusi yang tinggi hal ini menyebabkan banyak polutan salah satunya logam berat yang biasanya masih mengendap di permukaan.


Jadi, dalam berjemur itu bukan hanya sekedar diam di bawah matahari secara langsung, perlu waktu yang tepat agar  mendapatkan manfaat yang optimal untuk menyiapkan imun tubuh untuk menghadapi musim pancaroba ini.


Ilham Abdurohman

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bandung Jawa Barat

Ilhamabdurohman09@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023