Ustaz Saeful Anwar: Para Sahabat Tetap Menjalankan Sunnah Nabi Setelah Beliau Wafat

Dakwahpos.com, Bandung - Majelis Taklim Al-Huda Cipadung kembali mengadakan pengajian ibu-ibu yang dilaksanakan pada hari Kamis siang, setelah salat Zuhur. Pada pertemuan Kamis, (16/11/2023) yang bertempat di Masjid Al-Huda Cipadung mengangkat judul tentang "kehidupan nabi muhammad dan para sahabat" yang dibawakan oleh Ustaz Drs. Saeful Anwar M.Ag.

Beliau menjelaskan jika arti dari sahabat rasul adalah orang-orang yang hidup pada zaman nabi muhammad saw serta beragama islam dan meninggal juga tetap menjadi seorang muslim.

"Persahabatan antara rasulullah dan para sahabat masih terjalin hingga wafatnya rasulullah saw dengan para sahabat menjalankan sunnah nabi yaitu kebiasaan yang dilakukan oleh nabi selama hidupnya," ungkap ustaz saeful anwar.

Ada sebuah cerita pada saat rasulullah masih hidup, seorang sahabat bernama Sa'ad bin Abi Waqqash mengalami sakit yang parah .Nabi Muhammad yang mendengar itu segera menyempatkan waktu setelah melaksanakan Haji Wada untuk menjenguk salah seorang sahabatnya. Begitulah Rasulullah yang memiliki sifat tawadhu Nabi kita Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Tanpa melihat siapapun, kalau ada sahabat yang sakit, beliau selalu menyempatkan waktu menjenguknya.

Dan telah disebutkan didalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud " Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian Ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak 7 kali, maka Allah akan menyembuhkan dari penyakit tersebut."

Reporter: Defi Selfia, Mahasiswi KPI/3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023