Ustaz Harza : Tiga Ciri yang Ada pada Wanita Solehah

Dakwahpos.com, Bandung - Dewan Kemakmuran Masjid Jami Babussalam menggelar kajian membahas ciri ciri pada wanita Solehah , pada Rabu (29/11/2023) pukul 13. 53 hingga waktu salat Ashar, di Masjid Jami Babussalam JL. Kavling Mekar Biru, Blok C, Cibiru Hilir. Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kajian ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang di bacakan oleh salah satu jamaah di sana. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Al-Quran yang dipimpin oleh perwakilan majelis ta'lim Rw 07 dan diikuti oleh ibu-ibu majelis ta'lim yang hadir. Tidak hanya membaca ayat-ayat Al-Qur'an saja, melainkan ibu - ibu majelis ta'lim masjid Jami Babussalam ini juga mempelajari tentang hukum tajwid dari ayat - ayat yang telah di baca. Kemudian setelahnya tiba waktunya Ustaz Harja menyampaikan tausiahnya.

Ada tiga ciri ciri yang terdapat pada wanita Solehah yaitu : alimah, jahidah, amidah. Adapun yang di maksudkan dengan alimah adalah dia yang senang mendapat ilmu. Yakni, ilmu yg wajib bagi setiap orang maupun ilmu yg bisa di wakilkan oleh orang lain.
Ilmu yg wajib bagi setiap orang namanya Fardu ain sedangkan yang dapat di wakilkan namanya Fardu kifayah. Contoh Fardu ain adalah ilmu tentang shalat, ilmu tentang zikir zikir, ilmu tentang sedekah, ilmu tentang ibadah haji dan ibadah ibadah lainnya. Adapun contoh dari fardu kifayah adalah ilmu tentang mengobati gigi, ilmu tentang menjahit dll.

Selain itu ada juga jahidah yang memiliki arti sederhana. Sederhana seperti kehidupan nabi kita yang harus kita contoh . Beliau hidup dengan sederhana. "Aku tak punya apa², jika aku punya uang 100 juta, kalo kata kita sekarang, maka akan aku sedekahkan semuanya," cerita Ustaz Harza.

Lalu yang selanjutnya ada juga amidah ya g berkaitan dengan jiwa. Yakni selalu memiliki jiwa yang tenang dan damai. Inilah tiga ciri ciri yang terdapat pada wanita Solehah.

Reporter: Sri Susanti KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023