Salat Jum'at Masjid Al-Hudori Pasir Biru: Membiasakan Amar Maaruf Nahi Munkar Untuk Diri Sendiri Dan Orang Lain

Dakwahpos, Bandung - Masjid Al-Hudori yang beralamat Pasir Biru, Kec.Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat. Adakan kegiatan salat Jum'at(1/12/2023).

Di tengah gemuruh suara azan yang memenuhi udara, puluhan umat muslim berkumpul di dalam ruangan masjid Al-Hudori untuk melaksanakan ibadah mingguan yang penuh makna. Mereka tiba dari kesibukan nya masing-masing, berjalan menuju masjid dengan semangat dan penuh rasa kegembiraan.

Ustaz Ahmad sebagai Imam masjid, dengan penuh khusyuk, memimpin salat Jumat dengan membawakan khotbah yang menginspirasi. Pertama-tama beliau menyampaikan pesan-pesan kearifan tentang kehidupan sehari-hari, mengajak umat untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas ibadah. Dalam khutbah nya Ustaz Ahmad membacakan hadits tentang amar ma'ruf nahi munkar:

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِّهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيْمَانِ

"Barangsiapa diantara kalian melihat kemungkaran, maka hendaknya ia menghilangkannya dengan tangannya. Jika Dia tidak mampu, maka dengan lisannya. Orang yang tidak mampu dengan lisannya, maka dengan hatinya. Dan dengan hati ini adalah selemah-lemahnya iman." (HR. Muslim)

"Kita seringkali lupa dengan diri kita sendiri ketika mengingatkan saudara seiman kita tentang kebaikan, seringkali apa yang kita ucapkan tentang kebaikan kepada orang lain jarang dilaksanakan oleh kita, maka dari itu ada kalanya lebih baik memperbaiki ibadah kita terlebih dahulu." ujar Ustaz Ahmad dalam khutbah nya.

Ustaz Ahmad melanjutkan tentang bagaimana cara agar ibadah kita istiqomah yaitu dengan cara membiasakan diri dalam kebaikan, contoh apabila kita belum terbiasa membaca Al-Quran sehari 1 juz, sebaiknya kita memulai dari yang ringan seperti membaca setengah sampai satu halaman Al-Quran ketika di waktu senggang seperti setelah salat Isya, atau contoh lain seperti membiasakan qiyamullail setelah salat isya apabila kita belum terbiasa bangun sepertiga malam, apabila sudah terbiasa dengan bangun di sepertiga malam, salat qiyamullail dapat ditambah dengan salat tahajud.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023