Masjid Raya Al-Jawami Gelar Kajian: Berdoa Untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat


Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Raya Al-Jawami yang beralamat di Jalan Kp Sindangsari, Cileunyi wetan, Bandung, Masjid Raya Al-Jawami mengadakan kuliah subuh pada tanggal (29/10/2023), kajian ini yang di isi oleh KH. Imang Abdul Hamid menjelaskan tentang Berdoa Untuk Dunia dan Akhirat.

Pada kajian kali ini, para jemaah diberi pemaparan materi mengenai keunggulan doa. Beliau memaparkan bahwa keunggulan doa sangatlah berpengaruh pada kegiatan kita sehari-hari. Kita sebagai umat muslim harus berdoa, karena doa itu sebagai bukti penghambaan kita pada Allah Swt., sebagai bukti bahwa kita membutuhkan Allah dan tidak mempunyai kekuatan dan kekuasaan selain atas izin Allah. 

"Kita sering berdoa itu kebanyakan menggunakan bahasa Arab, sebenarnya bahasa Arab itu bermacam-macam. Ada satu bahasa berbagai makna dan ada pula satu makna tapi banyak bahasa atau katanya, contohnya ialah kata ahsanu, khoirun, ma'ruf thoyib, itu berbagai kata tapi memiliki satu makna yaitu makna baik," Papar KH. Imang Abdul Hamid.

Tidak hanya itu beliau pun memberikan pemahaman bahwa kita sebagai umat Islam yang baik harus meminta kebaikan kepada Allah itu tidak hanya kebaikan dunia saja, namun kita juga harus meminta kebaikan akhirat agar kita selamat tidak hanya di dunia namun juga di akhirat.

"Sebagaimana doa yang sering kita dengar, yaitu doa "Rabbana aatina fidunya hasanah wafil akhirati hasanah waqiinaa adzabannaar", bahwa kita harus meminta dunia yang hasanah dan juga akhirat yang hasanah agar kita tidak seperti orang orang kafir, orang kafir itu dipastikan hanya dunia saja yang hasanah tapi akhiratnya tidak akan hasanah atau akan celaka di akhirat kelak," Tutup KH. Imang Abdul Hamid.

Reporter: Muhammad Akmal Alfarizi.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023