Masjid Jami Al-Islamiyah Cilengkrang: Berawal Dari Bangunan Kecil Sampai Menjadi Tempat Pengembangan Iman

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami Al-Islamiyah Cilengkrang I yang beralamat di  Jl. Cilengkrang II No.19, Palasari, Kec. Cibiru, Kota Bandung. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1955 dan masih aktif sampai tahun ini.

Dahulunya, masjid ini masuk kedalam Kecamatan Ujung Berung dan Kelurahan Cisurupan, sebelum adanya nama Cibiru. Saat pertamakali masjid ini berdiri hanya sebuah bangunan kecil belum bertingkat dan rapih pada saat ini, lambat laun masjid di renovasi dibantu oleh donatur masjid yang merupakan warga sekitar ataupun donatur yang memang ingin berdonasi di masjid setempat.

Saat ini di Masjid Jami Al-Islamiyah Cilengkrang I memiliki beberapa program yang disusun oleh DKM, diantaranya pengajian rutin ibu-ibu pada hari Senin pagi, yasinan yang dilaksanakan pada hari Kamis malam atau Malam Jum'at, pengajian anak-anak yang dilaksanakan setiap ba'da maghrib, pengajian rutin umum setiap Malam Ahad dan juga peringatan PHBI.

Kegiatan diatas merupakan kegiatan yang rutin diadakan di masjid setempat dan setiap kegiatannya juga dihadiri oleh warga yang dalam jumlah banyak. Oleh karena itu saat jumlah jamaah yang banyak, bisa menggunakan lantai 2 masjid yang bisa digunakan untuk menampung jamaah jika tidak ada tempat lagi di lantai 1.

"Harapan saya untuk Masjid Jami Al-Islamiyah Ciengkrang I ya masjid ini makmur, siapapun yang mengisi kerohanian dan keagamaannya masih dalam batas yang wajar," ujar Pak Yayat.

Setiap kegiatan tersebut, pihak DKM setempat selalu menyediakan jamuan untuk para jamaah, baik itu air putih, kopi, teh dan makanan berat serta makanan ringan. Hal tersebut sudah dilakukan sejak ketua DKM beberapa tahun kebelakang.

Reporter : Fathin Intania Putri Setiawan (KPI 3B)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023