Masjid Al-Furqon, Berawal Dari Dibangunnya Mushola Sekarang Menjadi Masjid Megah

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Furqon merupakan salah satu masjid yang terletak di Komplek Vijaya Kusuma, tepatnya berada di Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kab. Bandung.

Tendi Kusnawan, merupakan ketua DKM Al-Furqon Cipadung saat ini, beliau mengatakan bahwa awal mula pembangunan masjid ini berawal dari sebuah mushola kecil yang dipakai untuk pengajian ibu-ibu dan juga anak-anak, yang kemudian mushola ini terus bertahap dan berkembang hingga sekarang dan menjadi masjid yang megah

"Seiring dengan perkembangan penduduk, pada tahun 1996 mulai ada pengajian dari rumah kerumah karena tidak ada mushola dan tidak ada masjid disekitar wilayah komplek ini, adapun masjid namun sangat jauh dari daerah sekitar, pada tahun 1997 sudah ada gagasan pembuatan mushola dengan catatan membeli rumah yang ada disekitar komplek, mulailah disitu pengumpulan dana untuk dijadikannya mushola untuk tempat beribadah masyarakat sekitar".

"Dan pada tahun 1999 mushola ini dibangun, kurang lebih memakan waktu setahun akhirnya selesai pada tahun 2000 dan langsung diresmikan pada saat pembangunan mushola selesai dirapihkan, dengan ukuran 11x12 meter, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan penduduk, bangunan mushola ini mulai di renovasi dan diperbaiki, dan hingga saat ini menjadi masjid yang megah dan nyaman untuk dipakai beribadah".

 

Seiring berjalannya waktu, pada tahun sebelumnya yang mengelola masjid ini hanya DKM, dan saat ini sudah ada Yayasan Al-Furqon Vijaya Kusuma yang dibentuk oleh masyarakat sekitar untuk membantu mengelola kegiatan Masjid Al-Furqon Cipadung ini seperti Majlis Talim ibu-ibu, Madrasah DTA, Paud, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara terjadwal.

 

Reporter: Fikrie Azka Maulana, Mahasiswa KPI/3B

 

Sent from Mail for Windows

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023