Destinasi Wisata Batu Kuda Namun Tidak Ada Batu Kudanya? Cek Sekarang!

Bandung – Anda yang berkunjung Ke Bandung pasti tidak asing dengan gunung manglayang. Namun, anda mungkin asing sama destinasi wisata Batu kuda. Tidak seperti yang anda pikirkan, di destinasi ini tidak terpaku pada patung kudanya. Namun, legenda dari lereng gunung manglayang ini yang menjadi asal muasal dinamai batu kuda. Tempat ini terletak di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Apa saja jenis wisata yang ditawarkan oleh Batu Kuda ini? Walaupun namanya adalah Batu Kuda, namun sebenarnya tempat ini tidak berkaitan dengan kuda sama sekali. Tidak seperti peternakan atau destinasi wisata yang berfokus pada hewan, area ini malah terdiri dari hutan pinus yang cantik.

Dalam menempuh perjalanan ke kuda batu, anda mau tidak mau menggunakan kendaraan pribadi karena destinasi ini belum terjangkau transportasi umum. kendaraan anda juga harus kuat ketika melewati lereng gunung manglayang yang menanjak.

Selama anda menempuh perjalanan yang menanjak, anda akan melihat pemandangan luas perkotaan perlahan menjadi hijau dengan dedaunan. ketika anda melewati gerbang masuk, anda akan terus dimanjakan oleh pemandangan alam yang indah. Pohon pinus terhapar sejauh mata memandang. Anda dapat melaksanakan berbagai kegiatan seperti outbound, hunting photo, piknik keluarga, hammocking bahkan camping.

Berbagai pemandangan alam yang asri nan cantik membuat destinasi wisata ini sulit untuk dilewatkan. Namun anda tidak perlu khawatir soal harga yang mahal. Karena harga tiket masuk Batu Kuda terbilang cukup terjangkau. Harganya mulai dari Rp10.000 per orang untuk hari biasa. Kemudian, untuk akhir Minggu atau hari libur hanyalah Rp12.000 saja per orangnya.

Selain tiket masuk, Anda harus membayar lagi untuk parkir kendaraan. Jika Anda membawa kendaraan motor, maka akan dikenakan tarif Rp2.000. Jika Anda membawa mobil maka akan dikenakan Rp5.000. Berbeda lagi jika Anda menggunakan bus, maka tarif akan disesuaikan dengan ukuran bus.

Keindahan berbagai pemandangan alam yang alami di destinasi wisata ini membuatnya menjadi tempat yang sulit untuk dilewatkan. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang tinggi, karena harga tiket masuk Batu Kuda cukup terjangkau. Tiket masuk dimulai dari Rp10.000 per orang untuk hari biasa, dan pada akhir pekan atau hari libur, harganya hanya Rp12.000 per orang.

Selain biaya tiket masuk, Anda juga perlu membayar untuk parkir kendaraan. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp2.000, sedangkan untuk mobil adalah Rp5.000. Tarif parkir akan disesuaikan dengan ukuran bus jika Anda menggunakan bus.

penulis M. Alamsyah, Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023