Masjid Bersejarah Al Mishbah Menjadi Masjid Tertua di Desa Cipadung yang Masih Terjaga Keutuhannya

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami' Al-Misbah, yang terletak di RT. 002 RW. 011, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, merupakan salah satu masjid tertua yang masih terjaga keutuhannya sampai saat ini. 

Masjid Jami Al Misbah didirikan pada tahun 1918 M oleh Ketua DKM pertama yaitu Alm. Bapak Hambali, masjid ini memiliki keistimewaan karena pembangunannya dilakukan secara mandiri dengan dana yang berasal dari beliau sendiri.

Sejak dibangunnya Masjid Jami' Al-Misbah, masjid tersebut menjadi pusat spiritual dan tempat berkumpul nya komunitas bagi masyarakat sekitar sehingga memperkuat tali silaturahim para masyarakat serta menciptakan lingkungan yang rukun.

Kegiatan yang terdapat di dalam Masjid Jami Al-Misbah seperti kegiatan sholat berjamaah,rutinan tawasul yang dilaksanakan setelah sholat maghrib pada malam jum'at , serta program pengajian khusus anak anak yang dilaksanakan setelah sholat ashar pada hari senin hingga kamis. 

Enjang Jaelani selaku ketua DKM saat ini mengatakan bahwa jalan yang dilakukan dalam menjaga keutuhan Masjid Jami' Al-Misbah yaitu dengan menurunkan kepengurusan masjid secara turun-temurun sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Alm. Bapak Hambali sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Beliau berharap dengan adanya Masjid Jami Al-Misbah ini masyarakat setempat bisa bersama-sama menjaga keutuhan dan melestarikan keberadaan masjid ini sehingga menjadi tempat yang di ridhai oleh Allah SWT untuk menuju rahmah-Nya.

Reporter : Tubagus Nursayid, KPI/3D.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023