Lahan Sempit, Dibangun Masjid Kecil Untuk Kegiatan Keagamaan Masyarakat

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Al-Ikhlas Cipadung yang beralamat lengkap di Jl. Manisi Gg. Bakti 5 rt04/rw09 Kec. Cibiru Kota Bandung. Masjid ini didirikan pada tahun 1987 oleh seorang tokoh masyarakat yaitu Amas (Alm). 

Pada awalnya masjid ini berupa musala kecil yang didirikan untuk menjadi tempat beribah bagi masyarakat disekitarnya. Semakin berjalannya waktu, musala terus dibangun dan perluas. Dan sekarang menjadi salah satu masjid yang ada diwilayah Cipadung.

Masjid ini selain sebagai tempat ibadah, juga sebagai tempat berkumpul dan bersilaturahmi warga sekitar dalam berbagai acara, baik acara-acara keagamaan maupun non-keagamaan.

"setelah didirikannya masjid ini warga semakin semangat dalam beribadah. Masjid ini juga rutin digunakan untuk salat jum'at, salat tarawih, pengajian ibu-ibu setiap hari minggu dan pengajian bapak-bapak setiap malam jum'at," Ujar ustaz Idas Baehaqi.

Di awal pembangunan masjid ini hanya ada 1 lantai saja, sehingga tidak dapat memuat banyak orang seperti ketika hendak menunaikan sholat jumat. Banyak orang ketika menunaikan sholat jumat berjamaah di Masjid Al Ikhlas ini menggelar sajadah di emperan halaman masjid, bahkan sampai menggelar ke halaman rumah warga. 

Sekarang di tahun 2023 masjid Al-Ikhlas sudah mempunyai 3 lantai dan memperluas halamannya sampai kedepan. Masjid yang terletak di gang kecil ini, mempunyai 3 lantai. Lantai 1 dan 2 di pakai untuk tempat melaksanakan salat berjamaah, dan lantai 2 dan 3 dipakai untuk tempat pengajian anak-anak.

Pelaksanaa pembangunan dan kegiatan keagamaaan di masjid ini terlaksana karena adanya bantuan dana yang diperoleh dari Pemkot Bandung, dan sebagian didapat dari swadaya masyarakat setempat. Hingga kebutuhan untuk kelangsungan kegiatan di Masjid ini pun lengkap, baik buku-buku maupun perlengkapan elektronik seperti Toa, Mic, dan semacamnya tersedia.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati
Farhan Habibi/KPI 3-B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023