Khotbah Jumat Masjid Al-Furqon Cipadung: Mereka Yang Suka Ingkar

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Furqon yang bertempat di Komplek vijaya kusuma yang berada di Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung gelar salat jumat bertema mereka yang suka ingkar pada jumat (27/10/2023), Hari jumat pada hari ini yang insya Allah diberkahi dan dipenuhi rahmat oleh Allah Swt.

Pada kesempatan jumat ini khotib menyampaikan khutbah tentang mereka manusia-manusia yang sering ingkar. Khotib mengatakan, didalam Al-Qur'an terdapat banyak tempat atau cerita tentang menyinggung peradaban umat yang hidup dimasa silam, tujuannya agar manusia mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang pernah terjadi. Keingkaran umat terdahulu terhadap para Rasul menyebabkan negeri mereka diporak porandakan dengan berbagai jenis azab. Informasi ini sangat lengkap dan detail di sebutkan didalam Al-Qur'an, pada khutbah ini khotib pun hanya menyampaikan beberapa saja untuk menjadi contoh untuk renungan bagi kita semua.

"Sesungguhnya siksa didunia ini tidak akan ada jika tidak ada sebab yang mengundangnya, Allah Swt tidak akan menurunkan siksa-Nya secara tiba-tiba, kecuali sebagian penghuninya telah melakukan kerusakan yang amat besar. didalam Al-Qur'an banyak sekali diceritakan kisah-kisah umat terdahulu yang telah dibinasakan oleh Allah Swt karena mereka mengingkari utusan-Nya dan melakukan banyak penyimpangan yang telah dilarang, sekalipun mereka adalah bangsa-bangsa yang kuat, mereka akan tetap lenyap ketika Allah Swt telah mendatangkan azab kepada mereka," ujar khotib dalam khutbahnya.

Khatib juga menyampaikan bahwa umat Nabi Muhammad saw tidak akan mengalami azab yang memusnahkan seluruh negeri sebagaimana umat terdahulu. Walaupun demikian, kita harus mengambil hikmah dari kebinasaan umat dimasa lampau supaya kita tidak meniru perbuatan mereka, semoga Allah Swt selalu melindungi kita semua dimanapun berada.

Pada akhir Khutbah, Beliau mengajak para jamaah untuk selalu beriman dan ingat selalu kepada Allah Swt dan selalu mengikuti sunnah-sunnah Nabi Muhammad Saw. segala perintah, aturan, ataupun hukum dalam Islam sebenarnya hanya untuk mengajak manusia agar bisa lebih baik lagi didalam kehidupan kita.

Reporter : Fikrie Azka Maulana / KPI 3B

 


 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023