DKM Al-Djum'at Gelar Pengajian Akhwat: Hadapi Cobaan Hidup dengan Sabar

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Djum'at yang terletak di Kp. Manggahang 2 RT.06/RW.05, Manggahang, Baleendah menggelar pengajian rutin setiap hari Senin yang dikhususkan bagi kaum akhwat dan dilaksanakan pada pukul 13.00 – 15.00 WIB. Adapun tema pengajian pekan kali ini (30/10/2023) "Sabar atas Setiap Cobaan yang Allah Berikan". Tema ini dipilih dengan tujuan memberikan panduan dan inspirasi bagi para jemaah, terutama para ibu, dalam menghadapi cobaan dan ujian yang Allah berikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengajian kali ini dipimpin oleh Ustaz Ayi Salman, Pengajian dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 155-157. Beliau mengajak para jemaah untuk merenungkan makna dalam ayat-ayat tersebut dan mengingatkan bahwa Allah menjanjikan pahala bagi orang-orang yang bersabar dalam menghadapi cobaan. Beliau juga menjelaskan bahwa cobaan-cobaan dalam hidup adalah bagian dari rencana Allah, dan sikap sabar adalah kunci untuk menjalani ujian-ujian tersebut dengan keimanan yang kuat.  

"Cobaan-cobaan dalam hidup adalah bagian dari rencana Allah, dan sikap sabar adalah kunci untuk menjalani ujian-ujian tersebut dengan keimanan yang kuat. Allah berfirman dalam Al-Qur'an, 'Dan sungguh, Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, 'Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un' (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali). Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dari Tuhan mereka dan rahmat. Dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk," ujarnya.

Beliau menegaskan sabar bukan hanya menahan diri dari keluhan atau keputusasaan, melainkan juga berusaha untuk tetap menjalankan ketaatan kepada Allah dan berbuat baik dalam situasi sulit. Ketika kita dihadapkan pada cobaan, inilah saatnya untuk menjunjung tinggi iman dan melanjutkan berbuat kebaikan. Ingatlah bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

DKM Al-Djum'at berharap dengan adanya pengajian ini akan terus memberikan ilmu serta inspirasi bagi para jamaah, terutama para ibu, dalam menghadapi cobaan dan ujian dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan pengajian ini, mereka dapat menjalani hidup dengan lebih tulus, penuh kesabaran, dan keimanan yang kuat sesuai dengan ajaran Islam.

Reporter : Fadila Insani Gusti, KPI/3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023