Dari Masjid Biasa Jadi Pondok Pesantren Salafi | Masjid Jami Al-Muawanah Cibiru Wetan







Senin,  13 November 2023  02:47 WIB


By Nurul Azizah 


Dakwahpos.com, Bandung-  Masjid Jami Al-Muawanah adalah masjid yang saat ini berada di sebuah Pondok Pesantren yang bernama Pondok Pesantren Al-Muawanah yang beralamat di Kampung Lio Warunggede RT/RW 02/12 Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

"Sejarah keberadaan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah telah ada sejak lama bahkan sejak zaman PKI," demikian kutipan profil website Al-Muawanah.

Sejak zaman tersebut telah terdapat pengajian di Masjid Al Muawanah, namun belum dinyatakan dan belum diresmikan menjadi sebuah pondok pesantren. Penamaan Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah terjadi pada tahun 2008. Secara resmi Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah diresmikan menjadi sebuah Pondok Pesantren yang diakui pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Bandung pada tahun 2013.

Latar belakang Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muawanah menjadi sebuah pondok pesantren berawal dari keprihatinan seorang ustaz yang mengajar disana. Karena banyak terdapat mahasiswa, khususnya mahasiswa UIN yang berkonsultasi kepada ustaz dengan berbagai keluhan yang intinya kebanyakan merasa kekurangan dalam bidang agama. Maka dari itu, dibuatlah tempat tinggal disekitaran masjid yang sekarang dinamakan pondok pesantren untuk mahasiswa atau pelajar yang ingin sekolah sambil belajar ilmu agama.

"Membentuk santri, mahasiswa, maupun siswa yang berakhlakul karimah sehingga mampu menghadapi masa depan dan tidak gentar terhadap perkembangan zaman, dengan pengokohan iman dan takwa," demikian salah satu misi yang dikutif dari profil website Al-Muawanah.


( Nurul Azizah KPI 3C )

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023