Berawal dari Tajuk, Sekarang Sudah Jadi Masjid Jami

Dakwahpos.com, Bandung - Mungkin tidak banyak yang tahu Masjid Al-Hikmah yang sekarang sudah menjadi masjid jami yang terletak di Dusun Cilengsar dulu nya hanyalah sebuah tajuk yang didirikan di atas kolam atau lebih biasa di kenal dalam istilah bahasa sunda yaitu balong. Tajuk tersebut didirikan oleh seorang pedagang samak  yang berasal dari daerah Cipaku, Singaparna Kota Tasikmalaya kemudian merantau ke Kota Sumedang tepatnya di Dusun Cilengsar. Pak Rudris yang merupakan pedagang samak tersebut membangun tajuk sekitar tahun 1940-an. 

"Dulu Pak Rudris yang merupakan oma (ayahnya buyut) saya merantau ke Sumedang untuk berjualan samak, kemudian beliau beli tanah di daerah Cilengsar. Nah beliau kemudian buat tajuk di atas kolam untuk sholat dan ngaji untuk keluarganya", ujar Ustaz Restu. 

Pada awalnya tajuk tersebut di bangun untuk sholat dan mengaji keluarga Bapak Rudris. Akhirnya sekitar tahun 1973 tajuk tersebut dibangun menjadi masjid panggung dan diresmikan menjadi masjid jami. Setelah itu masjid beberapa kali di renovasi menjadi masjid yang permanen dan lebih luas. Hingga akhirnya pada tahun 2014 Masjid AL HIKMAH melakukan renovasi besar yang menjadikan mesjid tersebut menjadi seperti sekarang yang besar dan indah. 

Reporter : Ripqi Fadill Mutaqin KPI 3D


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023