Ustaz Uus M. Ruhiyat jelaskan Makna Risalah dan Peran Mulia Sebagai Mubaligh

Dakwahpos.com, Bandung - , Masjid Husnul Khatimah mengadakan pengajian subuh pada hari kamis (19/10/2023) beralamat jalan Maleer Selatan II, gang Husnul Khotimah, Gumuruh, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. dengan fokus membahas Tafsir surat Al-Maidah ayat 67-69.

Pengajian dimulai dengan membacakan bersama ayat-ayat Al-Qur'an dari surat Al-Maidah ayat 67-69. Keberagaman jamaah terlihat, tidak hanya terdiri dari anak muda, melainkan juga didominasi oleh ibu-ibu dan bapak-bapak, yang menjadi ciri khas dalam pengajian subuh yang diadakan secara rutin setiap harinya ialah antusiasme untuk mendengarkan kajian ini tetap tinggi setiap hari-nya.

Pemateri kali ini ialah ustaz  Uus M. Ruhiyat yang membahas mengenai tafsir surah Al-maidah ayat 67-69, arti dari surah Al- maidah ayat 67 yakni "Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir." 

Ustaz Uus M. Ruhiyat menjelaskan perihal Risalah, Nabi diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan apa yang diturunkan dari Allah untuk umatnya melalui Nabi Saw, dengan apa adanya tidak dikurang ataupun ditambah dan tugas seorang Nabi itu menyampaikan urusan diterima atu tidaknya itu adalah urusan mereka.

Begitu juga ustaz Uus M. Ruhiyat  menjelaskan bahwa apabila seseorang dikatakan sebagai mubaligh seharusnya ia bangga karena itu sangat mulia, dan sebenarnya tugas berdakwah itu di peruntukan untuk kita semua dengan kata lain kita semua adalah seorang mubaligh dan apabila seorang mubaligh diingatkan ataupun di kritik ia seharusnya merasa gembira, mengapa? Ustaz Uus M. Ruhiyat menjelaskan " karena apabila seseorang sudah berada diatas dan ia merasa bangga akan hal itu, sanjungan-sanjungan yang diberikan oleh banyak orang itu sesungguhnya adalah racun, maka kritik harus menjadi kesenangan para mubaligh".

Reporter : Salimah/KPI3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023