Salat Jum'at Masjid Al-Hudori Pasir Biru: Solidaritas dan Dukungan Indonesia Untuk Saudara Palestina

Dakwahpos, Bandung - Masjid Al-Hudori yang beralamat Pasir Biru, Kec.Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat. mengadakan kegiatan salat jumat (20/10/2023).

Salat jumat bukan hanya ritual ibadah rutin bagi umat Islam, tetapi juga merupakan momen untuk memperkuat solidaritas, meningkatkan pemahaman agama, dan mempererat tali persaudaraan di antara umat Islam di seluruh dunia. Sebagai hari suci dalam agama Islam, salat jumat diwarnai dengan kumpulan umat muslim yang berkumpul di masjid-masjid untuk melaksanakan ibadah yang penuh makna ini.

Di tengah terik matahari kota Bandung dengan suhu 34°C. masyarakat sekitar Masjid Al-Hudori khusyuk mendengarkan apa yang disampaikan ceramah oleh ustaz Anwar Jaelani tentang persatuan dan dukungan Indonesia terhadap Palestina yang konsisten sejak pra kemerdekaan.

Dalam buku Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri karya  M Zein Hassan Lc Lt, Setahun sebelum Indonesia merdeka tepat nya pada 6 September tahun 1944, Mufti besar Palestina Syekh Muhammad Amin Al-Husaini secara terbuka memberi semangat bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, sehingga jalanan di Palestina pada saat itu dipenuhi aksi-aksi solidaritas kepada negara Indonesia.

setelah berhasil lepas dari Jepang, pengakuan kemerdekaan Indonesia dari negara Mesir merupakan hasil keringat dari pendekatan diplomasi, oleh H Agus Salim melalui jaringan Ikhwanul Muslimin yang berbasis di Palestina, serta dorongan dari rakyat Palestina yang terus menerus menuntut Mesir agar mengakui kemerdekaan Indonesia.

Ustaz Anwar Jaelani mengatakan dalam khotbah nya "Muslim yang dicintai oleh Allah adalah muslim yang bermanfaat bagi orang lain, maka dari itu kita sebagai umat muslim harus senantiasa mendukung saudara kita di Palestina baik materi atau mendoakan agar selalu diberi keselamatan dari tindakan keji penjajah israel, sesuai apa yang dikatakan oleh Soekarno yaitu Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel."

Reporter
Muhammad Farid Hilmy Fadhlulloh KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023