Peringati Maulid Nabi, Ustaz Humaedi Adiansyah: Teladani Akhlak Rasulullah Saw. di Era Global

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Jami Al-Jihad Mekarjati menyelenggarakan acara maulid Nabi Muhammad saw untuk warga sekitar dan umum, pada Sabtu (07/10/2023). Acara ini diselenggarakan usai salat Isya yang bertempat di depan Masjid Jami Al-Jihad, Mekarjati, RT 07/05 Kelurahan Pasirbiru, Cibiru, Kota Bandung.

Menurut Aceng Kurnia, ketua pelaksana peringatan maulid nabi 1445 H, dalam sambutannya mengucapkan bahwa kegiatan ini mendapat antusias dari masyarakat sekitar dan ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh jemaah yang telah hadir. Kegiatan ini diharapkan dapat membangun semangat jemaah, khususnya anak-anak untuk selalu memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Acara maulid nabi ini diisi dengan ceramah  yang disampaikan oleh Ustaz Humaedi Adiansyah, S.Pd.I, M.Pd. dengan tema yang diangkatnya yaitu "Meneladani akhlak Rasulullah SAW di era global". Dalam ceramahnya, Ustaz Humaedi memaparkan tentang akhlak-akhlak mulia Rasulullah SAW dan kiat-kiat yang dapat dilakukan umat-Nya dalam meneladani akhlak mulia tersebut.

"Dua akhlak mulia Rasulullah SAW yang disebutkan oleh Allah SWT yang pertama yaitu ucapan nabi. Rasulullah SAW senantiasa menjaga lisan-Nya dari kata-kata yang dapat menyakiti hati orang lain, dan yang kedua yaitu perbuatan nabi. Atas kemuliaan akhlak Rasulullah SAW, mukjizat al-Qur'an diturunkan atas nur-Nya yang kekuatannya bahkan lebih besar daripada laut ataupun gunung di muka bumi. Oleh karena itu, di era globalisasi seperti sekarang ini kita harus senantiasa mengamalkan akhlak Rasulullah SAW (mengamalkan hal-hal baik) khususnya dalam bersosial media yang mana kita dapat dengan mudah tersesat di dalamnya," ucap Ustaz Humaedi.

Acara ini dilanjutkan dengan pembacaan kitab maulid simtudurror yang dipimpin oleh Habib Zein Al-Habsy dan diiringi selawat yang dilantunkan oleh hadroh Insan Hubbul Mustofa. Habib Zein menjelaskan bahwa pembacaan kitab maulid simtudurror dan selawat atas nabi ini diharapkan dapat tersampaikan kepada Rasulullah SAW agar bagi siapa saja yang membacanya mendapatkan keberkahan dari acara ini.

"Semoga setelah selesai pembacaan ayat suci al-Qur'an, tausiyah, maulid simtudurror dan selawat ini, kita semua mendapatkan keberkahan yang melimpah. Adanya kegiatan ini semoga dapat memperbaiki kualitas iman kita, membuat kita semua lebih bertakwa kepada Allah SWT dan lebih mencintai Allah SWT dan rasul-Nya," ungkapnya.

Reporter, Yunita Nuraida (KPI/3D)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023