Pengajian Rutin DTA Al-Hidayah Pasir Biru: Tanamkan Ukhuwah Islamiyah Sejak Dini

Dakwahpos.com, Bandung – DTA Al-Hidayah mengadakan pengajian anak-anak pada hari Sabtu (07/10/2023). DTA Al-Hidayah Pasir Biru ini berlokasi di Jl. Manisi VI Kp. Kebonterong Kel. Pasir Biru, Bandung. Kegiatan pengajian ini rutin diadakan setiap hari senin sampai kamis dan dilanjut hari sabtu malam ba'da magrib sampai ba'da isya. 

Kegiatan pengajian anak-anak ini mulai dari kelas 5 SD sampai SMP, dimana pengajian ini dibimbing oleh Ramzi Nugraha. Beliau adalah salah satu mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sebelum ke pembahasan pengajian ini diawali dengan membaca al-qur'an.

Dalam pembahasan malam ini Ramzi membahas tentang ukhuwah islamiyah, dimana pembahasan ini sangat penting bagi kita untuk mempelajari tentang ukhuwah (Persaudaraan) khususnya mempelajari sejak kecil karena ukhuwah islamiyah adalah gambaran tentang hubungan antara orang-orang Islam sebagai satu persaudaraan. Karena dimana anak-anak saat usia pertumbuhan itu harus terus membutuhkan bimbingan atau ilmu dan mulai menanamkan nilai-nilai ukhuwah sejak kecil.

"Ukhuwah dalam Islam itu terbagi menjadi 4, yang pertama itu ukhuwah ubudiyah (persaudaraan sesama makhluk yang sama-sama ciptaan Allah SWT), kedua ukhuwah basyariyah (persaudaraan secara keseluruhan manusia), ketiga ukhuwah wathaniyah (keterikatan kebangsaan dan juga keturunan), ukhuwah diniyyah (persatuan seagama)," ungkap Ramzi Nugraha. 

Diakhir pembahasan, pentingnya kita mempelajari ukhuwah islamiyah adalah agar tercapai hubungan atau tali persaudaraan yang kuat dan ditandai dengan mengharap ridha Allah SWT dan menjadikan ketaqwaan seseorang lebih sempurna. 

Reporter : Rika Ramadhani. KPI/3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023