Masjid Al-Amanah Cibiru Wetan Adakan Pengajian Bahas Keistimewaan Nabi Muhammad

Dakwahpos.com, Bandung – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Amanah mengadakan pengajian umum pada hari Rabu (03/09/2023) bakda maghrib di Masjid Al-Amanah. Pengajian ini diadakan sepekan sekali dan diikuti oleh mayoritas kalangan tua umumnya para warga setempat. Pengajian kali ini dipimpin oleh H. Ohan salah satu tokoh agama setempat dengan mengusung dua bab, yakni bab nasab dan nama-nama Nabi Muhammad saw.

Ustaz Ilyas (salah satu pengajar di pengajian anak-anak sekaligus pengurus masjid) mengungkapkan bahwasanya dengan diadakannya pengajian ini mudah-mudahan menjadi sebuah sarana bagi masyarakat untuk memperluas ilmu pengetahuan agama, apalagi tegasnya generasi muda sekarang merupakan agen perubahan yang sangat diharapkan kiprahnya dalam menyebarkan nilai-nilai keislaman. Namun perihal sepinya jemaah ini, Ustaz Ilyas pun sangat menyayangkan sekali, harapannya masyarakat setempat bisa sadar terhadap pentingnya menuntut ilmu agama.

H. Ohan pula mengisahkan tentang keistimewaan-keistimewaan Nabi Muhammad saw. yang tidak dimiliki oleh orang lain. Seperti halnya keringat nabi yang senantiasa harum saat tercium dimana pun dan dalam kondisi apapun. Selanjutnya H. Ohan masuk ke dalam pembahasan bab nasab dan nama-nama Nabi Muhammad saw. Dalam pembahasan kedua bab itu beliau menyebutkan nasab nabi dari jalur ayah dan ibunya, serta menyebutkan nama-nama sebutan Nabi Muhammad beserta maknanya selain nama Muhammad dan Ahmad. Beliau juga menegaskan bahwasanya kita mesti menghormati ahli bait dan keturunan Nabi Muhammad, serta merasa bangga ketika Kita bisa menginjakan kaki di buminya nabi yaitu Makkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah.

"Sebaik-baiknya makhluk adalah Nabi Muhammad, sebaik-baiknya bangsa adalah bangsa Nabi Muhammad, dan sebaik-baiknya bumi adalah buminya Nabi Muhammad. Maka dari itu kita mesti menjunjung tinggi keluarga, keturunan, dan tempat lahir Nabi Muhammad saw," ungkap H. Ohan dengan mengutip perkataan ulama dari kitab yang dibawakannya.

Pengajian malam hari ini pun ditutup dengan doa bersama yang langsung dibacakan oleh H. Ohan setelah pembahasan pengajian selesai dipaparkannya. H. Ohan pun berharap mudah-mudahan dengan diadakannya kajian malam ini para jemaah senantiasa cinta dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya.


Reporter : Maulana Abdullah, KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023