Khutbah Jum’at Bahas Karakter Hadapi Kehidupan Dunia, Ustaz Ahmad Baihaqi: Mengeluh Itu Tanda Iman Lemah

Dakwahpos.com, Bandung - Khutbah Jum'at disampaikan oleh Ustaz Ahmad Baihaqi di Masjid Al-Maksudi Rancabolang dengan tema bagaimana sikap kita menghadapi kehidupan dunia pada Jum'at  (27/10/2023).

Khatib Jumat, Ustaz Ahmad Baihaqi mengungkapkan bahwa banyak diantara manusia yang ketika diberikan ujian oleh Allah Swt, mereka menyikapinya dengan stress. Ia juga memaparkan bagaimana sikap kita seharusnya dalam menghadapi kehidupan dunia merujuk kepada empat karakter yang disampaikan Imam Al-Ghazali. "Cara menyikapi kehidupan dunia itu dengan empat karakter," ungkap beliau.

Ia kemudian menjelaskan bahwa  karakter yang pertama yaitu meyakini bahwa dunia hanya sekejap mata dan tujuan kita hidup di dunia adalah beribadah kepada Allah Swt. Karakter yang kedua ialah meyakini bahwa dunia adalah tempat permainan dan senda gurau belaka, maka yang harus kita prioritaskan adalah kehidupan akhirat. Karakter yang ketiga adalah meyakini dunia itu  tempatnya musibah, karakter yang terakhir ialah meyakini bahwa dunia itu tempat beribadah.

"Ada manusia yang menyikapi musibah dengan mengeluh, inilah ciri manusia yang imannya lemah, ada yang menyikapi musibah dengan bersabar, inilah ciri manusia yang imannya standar, ada manusia yang menyikapi musibah dengan ridho, inilah merupakan ciri iman seseorang yang baik, dan ada juga manusia yang menyikapi musibah dengan bersyukur, inilah ciri iman seseorang yang  lebih baik," ujar beliau. "Yang harus kita perhatikan ialah jangan kita mengeluh sedikitpun ketika Allah menguji kita," lanjutnya.

Jemaah Masjid Al-Maksudi, Naufal Fatyu mengungkapkan bahwa khutbah Jum'at yang disampaikan Ustaz Ahmad terasa segar karena intonasi khutbah yang naik turun dan penjelasan Ustaz Ahmad mudah dipahami, "Penjelasannya sangat mudah dipahami untuk saya yang awam terhadap agama," ujarnya.

"Yang saya dapatkan selama khutbah tadi, saya bisa menyimpulkan tadi tuh ngebahas cara pandang kita terhadap dunia itu harus seperti apa, Ustaz Ahmad Baikhaqi tadi beliau menjelaskan lewat pendapatnya Imam Al-Ghazali, yang pertama itu dunia itu cepat berjalannya, yang kedua dunia itu tempat canda tawa, hura hura gitu, yang ketiga itu dunia tempatnya fitnah, yang keempat dunia itu tempatnya ibadah, jadi lewat Imam Al-Ghazali kita disuruh punya mindset seperti itu terhadap dunia," ujar Naufal Fatyu.

Reporter: Kania Rahmawinata, Mahasiswa KPI 3/B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023