Kajian Subuh Masjid Husnul Khatimah Gumuruh: Selami Fitrah Laki-Laki Dan Perempuan.


Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Husnul Khatimah mengadakan pengajian subuh pada hari sabtu (30/09/2023) dengan tema Fitrah laki laki dan Perempuan yang bertempat di jalan maleer Selatan II, gang husnul khotimah, Gumuruh, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

Pengajian subuh kali ini dengan tema Fitrah Laki-Laki dan Perempuan dibawakan oleh Ustaz Wawa Suryana, di setiap sabtu berbeda dengan hari biasanya yang dimana jika pada hari senin-jum'at membahas tafsir surah yang bersambung dari ayat sebelumnya,  untuk hari sabtu terkadang membahas perihal salah satu hadist pilihan ataupun seperti sekarang membahas ayat salah satu pilihan.

Beliau mengambil inti pembahasan mengacu dalam satu surah Yakni surat Al-Ahzab ayat 35 yang artinya "sesungguhnya laki-laki dan Perempuan yang muslim, laki-laki dan Perempuan yang mukmin, laki-laki dan Perempuan yang taat, laki-laki dan Perempuan yang benar, laki laki dan Perempuan  yang sabar, laki-laki dan Perempuan uang khusyuk, laki-laki dan Perempuan yang bersedekah, laki-laki dan Perempuan yang berpuasa, laki-laki dan Perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan Perempuan yang banyak mengingat Allah, maka Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."

Lalu Ustaz wawa Suryana menjelaskan perihal hakikat laki laki dan perempuan fitrah nya berebeda sebagaimana dalam surah Ali-Imran ayat 36 "dan laki-laki berbeda dengan Perempuan". Dan dijelaskan beberapa dalam ayat Al-Qur'an bahwa suami dilebihkan di banding istri maksudnya itu seperti dalam surah Al-Baqarah ayat 228 "tetapi, para suami mempunyai kelebihan diatas mereka. Allah mahaperkasa, maha bijaksana, dan perihal Perempuan yang tidak di utamakan menjadi pemimpin karena dalam salah satu hadist riwat Al-Bukhori disebutkan " tidak akan beruntung suatu kaum yang menyerahkan urusan kepemimpinannya kepada seorang Perempuan.

Dan dalam kandungan surah Al-Ahzab ayat 35 Allah memberi ganjaran ampunan dan pahala yang besar untuk mereka yang mentaati seluruh apa yang disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab ayat 35.

"suami itu harus jujur, jikalau kejujuran modal dalam kehidupan, kejujuran itulah adalah kunci ketenangan." ujar Ustaz Wawa Suryana

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Salimah / 3D









Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023