Kajian Ibu-Ibu Masjid Jami Al-Fattah, Cibiru Wetan: Kemuliaan Rasulullah Muhammad Saw Sebelum Diciptakan

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami Al-Fattah yang beralamat di Jln. Cibiru Indah V, Desa Cibiru Wetan, RT 04 / RW 14, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung mengadakan pengajian ibu-ibu rutin setiap pekan, pada Sabtu (07/10/2023). Pada kajian pekan ini, yang menjadi pengisi yaitu Ustaz Taria, M.Ag., dengan materi "Kemuliaan Rasulullah Muhammad Saw Sebelum Diciptakan."

"Pengajian kali ini sudah memasuki pertemuan ke-4, sebagaimana yang diketahui di pertemuan-pertemuan sebelumnya bu. Bahwa Rasulullah Muhammad Saw adalah insan, figure yang luhur, punya kepribadian yang begitu tinggi, karena akhlaknya beliau adalah Al-Quran, Al-Quran yang berjalan. Artinya beliau di kehidupannya dari tidur sampai bangun kembali ternyata tetap melaksanakan visi misi Al-Quran." Ujar Ustaz Tria, M.Ag.

Pada kitab yang di bahas pada pengajian kali ini, menurut para ahli tafsir yang sudah menjelaskan terkait kepribadian Rasulullah Muhammad Saw, sebelum beliau lahir, tatkala Nabi Adam As. ditempatkan di surga seorang diri. Kemudian diciptakan lah, Siti Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam As, ketika sedang tidur. Siti Hawa diciptakan untuk memberikan sakinah, atau ketenangan dalam hidupnya, sehingga mereka hidup berdampingan dengan rasa aman, nyaman, dan tenteram, lalu terjadi lah perbincangan antara Nabi Adam As, dengan malaikat.

Ketika Nabi Adam As. terbangun dari tidurnya dan melihat Siti Hawa ada disampingnya, dan hendak menyentuhnya, maka dilarang oleh malaikat, lalu Nabi Adam As. merasa terheran, dan malaikat pun langsung berkata, "Sampai engkau melaksanakan maharnya dulu kepadanya, baru engkau boleh menyentuhnya," ucap malaikat. Kemudian Nabi Adam As. menjawab, "lalu apa maharnya?"

"Nah, bu disini ada yang hebat, sungguh luar biasa maharnya," ungkap Ustaz Tria, M.Ag.

Malaikat pun menjawab, "Berselawat lah engkau kepada Muhammad sebanyak 3 kali." Dan Nabi Adam berkata, "Siapa Muhammad, bukannya saya yang diciptakan pertama kali di surga?" Maka malaikat menjawab lagi, "Muhammad adalah Akhirul Anbiya', penutup para nabi dari anak-anak mu nanti kedepan. Kalau lah tidak ada Muhammad, maka Allah Swt tidak akan menciptakan engkau."

"Ini lah silsilah nya bu, kenapa Rasulullah Muhammad Saw itu begitu istimewa, tidak akan ada penciptaan langit dan bumi jika Rasulullah Muhammad Saw tidak diciptakan, konon katanya jauh sebelum Nabi Adam As. diciptakan Nur (cahaya) Muhammad sudah ada, tinggal diciptakan. Maka, ibu-ibu mumpung masih di bulan Rabiul Awal ini, perbanyak lah selawat kepada Rasulullah Muhammad Saw," pungkas Ustaz Tria, M.Ag.

Di akhir pengajian ini, beliau memberikan pesan bahwa perbanyak lah selawat kepada Rasulullah Saw karena selagi masih di bulan Rabiul Awal ini, 1 kali selawat mendapat ganjaran pahala 10 kebaikan, diberikan 3 keutamaan diantaranya diampuni dosanya, diangkat derajatnya, dan diberikan kebaikan-kebaikan maka pantas lah ketika berselawat berkah hidupnya. Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin.

Reporter: Nandang Fathurrohman, KPI 3C


Virus-free.www.avast.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023