Kajian DKM Al-Mu’awanah Melong Hindari Akhlak Tercela

Dakwahpos.com, Cimahi  – Masjid Al-Mu'awanah beralamat di Jl. kalasan I No.2, Melong, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, DKM Al-Mu'awanah bertemakan akhlak yang tercela pada kamis 29 september 2023 yang diiisi oleh Ustaz Drs .H.M.Ridwan   

Dikatakannya  hadis ini adalah hadis yang bisa di bilang populer tentang hasad yaitu Bab Akhlak Yang Tercela pada kitab Bulughul Maram 1507. Dalam hadis ini rasulullah memberikan peringatan terhadap suatu perbuatan yaitu perbuatan hasud.

Beliau mengungkapkan hasad disini salah satu amalan yang jelek dari akhlak tingkatan yang pertama "Dari Abi Hurairah. Ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW. : Hendaklah kamu berjauh diri dari dengki, karena dengki itu memakan kebajikan-kebajikan sebagaimana api memakan kayu" Dikeluarkan-Dia oleh Abu Dawud. Dalam hadis i ini hasad itu akan memakan kebaikan-kebaikan yang sudah kita buat seperti halnya pada hadis tersebut api memakan kayu bakar.

"Lalu beliau mengungkapkan ada contoh hasad yang tercela yaitu  seseorang mempunyai kenikmatan, dan ada seseorang yang lain ingin kenikmatan itu, lalu seseorang tersebut tidak ingin seseorang itu memiliki kenikmatan tersebut dan ingin kenikmatan itu pindah kepada dia. Dan ada juga hasad yang boleh ketika kita ingin sama dengan orang itu, itu tidak apa-apa dalam hal kenikmatan dunia selagi kita tidak menjegal orang itu maju". Ungkap Beliau.

Pada bagian akhir beliau juga menjelaskan bahayanya perbuatan hasad bisa membakar kebaikan-kebaikan yang telah kita lakukan, bolehnya hasad ada dua hal yaitu dalam mencari ilmu dan dalam bersedekah.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Bandung Muhammad Rafie/KPI-3C

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023