Kaji Lebih Dalam tentang Tauhid, DKM Al-Muhajirin Cinunuk Gelar Kajian Kitab Aqidatul Awam

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Jami Al-Muhajirin Griya Mitra Posindo Cinunuk mengadakan kajian Kitab Aqidatul Awam pada Ahad (1/10/2023) yang dikaji bersama Ustaz H. Cecep Zaenal, S.Pd.I. Kajian ini dihadiri oleh bapak-bapak yang tinggal di sekitar komplek perumahan Griya Mitra Posindo Cinunuk.

Kajian Kitab Aqidatul Awam kali ini membahas mengenai salah satu sifat yang wajib ada pada Allah SWT, yaitu sifat Ilmu yang artinya mengetahui. Sifat ini termasuk sifat Ma'ani yang ke tiga setelah penjelasan dua sifat Ma'ani sebelumnya yaitu sifat Qudrat dan sifat Iradat. Dalam awalan ceramahnya, Ustaz Cecep berkata "Allah SWT adalah zat yang Maha Menciptakan, maka Ia pasti mengetahui segala sesuatu tentang ciptaan-Nya. Allah SWT mengetahui dengan jelas akan semua perkara yang jelas tampak ataupun yang samar, tanpa ada perbedaan antara keduanya," tutur beliau menjelaskan sifat Ilmu.

Dari penuturan tersebut dapat diketahui empat unsur yang harus dipahami secara mendalam, untuk dapat dimengerti maksud dari Ilmu sebagai salah satu sifat Allah. Unsur-unsur yang dimaksud ialah: mengetahui segala-galanya, tiada perantara, tidak ada tingkatan, dan tidak didahului oleh Jahil (tidak tahu sebelumnya). Empat unsur tersebut kamudian dijelaskan secara rinci oleh Ustaz Cecep.

Di akhir kajiannya, Ustaz Cecep menyimpulkan "Allah SWT Mahatahu (Alimun) yang wajib menurut akal Ia bersifat ilmu, maka tidak ada suatu apapun yang terlepas dari pengetahuan-Nya, ilmu-Nya meliputi hal yang wajib, hal yang mustahil dan hal yang mumkin (jaiz). Diketahui-Nya segala yang berwujud ataupun yang tidak, segala yang nampak ataupun yang tidak, segala yang dirasa atau yang tidak, yang kesimpulannya Ia jugalah yang mengetahui," pungkas beliau.

Diakhir ceramahnya, Ustaz Cecep menyampaikan tujuan diadakannya kajian ini adalah untuk lebih mengenal Allah SWT sebagai Tuhan pencipta alam dan seluruh isinya.

Reporter: Endah Ratna Komala, KPI/3A.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023