Hidupkan Suasana Masjid, DKM Al- Mukhtar Cigending Rutinkan Pengajian Anak Usai Shalat Maghrib

Dakwahpos.com, Bandung- Memakmurkan masjid merupakan perintah Allah Swt yang tertera dalam Al- Qur'an Surat At- Taubat : 18. Dalam upaya memakmurkan masjid, DKM Al- Mukhtar Cigending merutinkan pengajian anak usai shalat Maghrib. Seperti kegiatan mengaji yang dilaksanakan pada hari selasa (17/10/2023).

Ada dua pengertian mengenai memakmurkan masjid. Pertama, membangun masjid, memperindah masjid atau memperkokoh bangunannya. Kedua, memakmurkan masjid dengan cara melaksanakan shalat, berzikir serta melakukan hal-hal positif di masjid tersebut. Seperti pengajian anak-anak yang dirutinkan di masjid Al- Mukhtar Cigending ini.

"Kegiatan pengajiannya diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, dilanjutkan dengan membaca Iqra atau Al- Qur'an, sesuai dengan setoran bacaannya masing-masing. Kebetulan disini kebanyakan anak kecil yang baru belajar membaca Qur'an, sehingga setoran bacaannya masih banyak yang Iqra. Setelah itu dilanjutkan dengan shalat Isya berjamaah," ujar Ustaz Saepul selaku DKM Al- Mukhtar.

pengajian anak-anak ini diadakan setiap hari, menyesuaikan pula dengan kesibukan gurunya. Namun, walaupun gurunya sedang berhalangan, anak-anak tetap hadir ke masjid untuk shalat Maghrib berjamaah.

"Selain untuk memakmurkan masjid, kegiatan pengajian ini juga diadakan untuk membimgbing anak-anak di daerah sini, agar mereka tidak terlalu buta dengan Al- Qur'an dan terbiasa untuk shalat di masjid," ucap Ustaz Saepul.

Beliau mengharapkan dengan adanya pengajian anak-anak di Masjid Al- Mukhtar ini, masjid menjadi hidup dan anak-anak di sekitarnya tidak buta dengan Al- Qur'an.

Reporter: Ananda Anggunistiani (KPI 3A)



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023