Edukasi tentang Bahaya Bullying, Asyiah Ummul Muttaqinah: Bercanda dan Bullying itu Berbeda!

Dakwahpos.com, Bandung - Majelis Taklim Al-Muhajirin mengadakan pengajian rutin dengan membahas "Cara Mengatasi Bullying" bersama seorang psikolog, yakni Asyiah Ummul Muttaqinah M.Psi. Pengajian ini dilaksanakan pada Jumat (27/10/2023) di Masjid Jami Al-Muhajirin Griya Mitra Posindo Cinunuk dan dihadiri oleh kalangan ibu-ibu yang tinggal di sekitar komplek perumahan.

Dalam penuturannya, Asyiah menjelaskan apa yang dimaksud dengan bullying, bentuk-bentuknya, faktor yang mempengaruhi, dampak dari bullying, dan cara mengatasi bullying itu sendiri. Juga ada satu hal menarik yang dibahas Asyiah, yakni perbedaan antara bercanda dan bullying.

"Ada perbedaan signifikan dari bercanda dan bullying. Keadaan yang bisa dikategorekan ke dalam bercanda adalah ketika sikap dari seseorang itu bertujuan untuk lebih akrab dan menambah relasi, juga dilakukan secara wajar dan tidak berulang. Sementara bullying sendiri adalah sikap yang tujuannya untuk menyakiti seseorang dan dilakukan berulang," jelas Asyiah.

Kemudian juga dijelaskan bahwasannya terdapat fakta mengenai pelaku dari perilaku bullying ini. Ternyata orang dewasa juga bisa menjadi pelaku bullying itu sendiri, seperti orang tua kepada anaknya dan guru kepada muridnya.

Untuk memutus rantai dari fenomena negatif ini, terdapat cara-cara untuk menanggulangi bullying yang terjadi disekitar kita. Asyiah menjelaskan, "Agar bullying ini tidak menjadi lingkaran setan yang terus berlanjut, maka ada beberapa cara yakni bantu anak memahami perilaku bullying, amati perubahan perilaku yang terjadi pada anak, ajak anak berbicara terbuka, beri contoh perilaku positif, dan beri konsekuensi kepada pelaku."

Penjelasan Asyiah berlanjut pada dasar hukum yang melarang perilaku bullying. Kemudian diakhir penuturannya, Aisyah mengatakan, "Sejatinya setiap orang memiliki peran penting dalam menghentikan perilaku bullying ini. Mulai dari kita, mulai saat ini."

Reporter: Endah Ratna Komala, KPI/3A.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023