Dalam Upaya Menjadikan Anak soleh, DKM Baitul Hikmah Adakan Pengajian Bagi Anak Anak

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Baitul Hikmah mengadakan pengajian bagi anak anak di Masjid Baitul Hikmah Easternhils Cipadung, pada (13/10/2023).

Kegiatan yang dinamai pengajian anak soleh ini rutin diadakan selama tiga hari dalam satu minggu, yaitu di hari Rabu, Kamis dan juga Jumat. Dilakukan setiap sore pada pukul 16.30 WIB sampai menjelang magrib. Dan sudah berlangsung selama lima bulan. Ustazah Elvi Apriani, S.sos, M.pd selaku salah satu guru dalam pengajian anak soleh tersebut mengatakan bahwa pengajian anak soleh ini baru dimulai kembali setelah sebelumnya berhenti dikarenakan pandemi covid.

Terdapat tiga puluh peserta didik yang sudah terdaftar dalam pengajian anak soleh ini, dan semuanya merupakan anak anak Rw 13 lingkungan komplek Easternhils. Ustazah Elvi mengatakan bahwa pengajian anak soleh ini tidak menutup kemungkinan juga untuk dapat menerima peserta didik selain dari anak anak lingkungan Easternhils.  

" Untuk sementara ini yang mendafatar pada kami khusus peserta nya adalah anak anak komplek lingkungan Easternhils, tapi tidak menutup kemungkinan apabila ada yang dari luar mau mendaftarkan kepada kegiatan pengajian anak soleh yang diadakan di komplek Easternhils ini, ingin mendaftar kesini, kami terbuka," Ungkap Ustazah Elvi.

Terdapat tiga kelas dalam pengajian anak soleh ini. Pertama kelas Abu Bakar Ash-Shiddiq yang diisi oleh anak anak kelas empat sampai kelas enam, kedua kelas Umar bin Khattab yang diisi oleh anak anak kelas satu sampai kelas tiga, dan kelas terakhir bernama kelas Ali bin Abi Thalib diisi oleh anak anak yang berada di usia taman kanak kanak.

Guru tetap dalam pengajian anak soleh ini berjumlah tiga orang. Kemudian untuk materi yang diajarkan diantaranya baca tulis Al-Qur'an,  hafalan surah surah pendek, hafalan doa sehari hari, praktek ibadah, dan pengetahuan agama islam lainnya seperti nama nama nabi, sifat wajib Allah, rukun iman, rukun islam dan yang semisalnya menggunakan metode yang dinyanyikan.

" Agar anak anak cepat ingat, cepat hafal. Dan setelah diaplikasikan  ternyata memang betul mereka Alhamdulilah cepat menyerap materi yang dinyanyikan tersebut," Tambah Ustazah Elvi.

Ustazah Elvi menyampaikan harapan guru guru yang mengajar agar kegiatan pengajian anak soleh ini dapat menjadi motivasi bagi anak anak, agar mereka bisa membaca menulis Al-Qur'an  dengan baik sehingga  dapat dirasa kebermanfaatannya, khususnya bagi anak anak itu sendiri dan umumnya bagi masyarakat nantinya. Dan utamanya agar mereka dapat menjadi anak yang soleh dan solehah.
 
" Sesuai dengan nama pengajian ini, yaitu pengajian anak soleh. Kalo sudah mencakup soleh dan solehah berarti sudah mencakup semuanya, Insyaallah," Ungakap Ustazah Elvi.



Reporter:  Sri Wulandari / KPI 3D 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023