Yayasan Al-Kausar Sumur Bandung dirikan TPA untuk kegiatan pendidikan anak-anak

Dakwahpos.com, Bandung- (25/9/2023) – Kegiatan TPA di Masjid Al-Kausar meliputi bimbingan Al-Quran dan Juz'Amma, pendidikan agama, serta latihan salat yang baik dan benar. Kegiatan TPA diadakan selama 1,5 jam setelah solat solat ashar.

kegiatan TPA dipimpin oleh Ibu Siti Subadriah dari pengurus Yayasan al-kausar, dan dibantu salah satu gerakan pemuda al-kausar untuk membimbing adik-adik yang berjumlah 40 orang di Masjid Al-kausar Jl. Sumbawa No.9, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113.
Dari kegiatan paling dasar untuk Santri pemula adalah :
1. Belajar menulis huruf hijaiyyah,
2. Membaca huruf hijahiyah menggunakan buku Iqro dan dilanjutkan dengan Al-Qur'an,
3. Belajar sholat,
4. Menghafal Al-Qur'an,
5. dan Pelajaran-pelajaran agama islam lainya.

selain itu, biasanya anak-anak akan diajarkan beberapa edukasi atau beberapa hafalan seperti asmaul husna melalui sebuah lagu yang akan dinyanyikan setiap hari, sehingga  akan hafal isi dari lagu-lagu tersebut diluar kepala mereka sendiri.

Kegiatan TPA ini bertujuan untuk membentuk karakter  anak-anak dengan dibekali ilmu-ilmu religius yang diperlukan sebagai langkah awal anak untuk memperbaiki dan menyempurnakan akhlak. Dengan itu anak-anak  punya pondasi atau penguatan agar berakhlakul karimah, berintegritas dan berdaya sain. Sehingga kelak akan tercetak anak yang shidiq , Amanah, fathanah dan tabligh, yang beraqidah kuat, berilmu tinggi dan tidak terjerembab dalam gaya hedonism, serta menolak praktek-praktek amoral yang akan melumpuhkan kekuatan generasi penerus bangsa dalam menghadapi gelombang tantangan yang kian mencengkram ummat.

"Pendidikan TPA Al-kausar ini akan difokuskan dalam kegiatan mengaji, targetnya anak-anak bisa menhafal Al-Qur'an minimal 2 juz dan bisa membaca Al-Qur'an dengan lancar setelah itu baru akan dikuatkan dengan pembinaan Pelajaran shiroh, hadist, tauhid dll.". Ujar Kepala sekolah TPA al-kausar.
 
Dengan hal tersebut, kami harap Masyarakat antusias dalam kegiatan ini dan bisa mendorong anak-anak sehingga TPA ini bisa diperdayakan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023