Mahasiswa UIN Bandung Bimbing Anak-anak TPQ Di Masjid Darussholihin Cipadung Wetan

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Darussholihin yang berlokasi di Jl. Pangaritan No. 10, Cipadung Wetan, Kec. Panyileukan, Kota Bandung mengadakan TPQ rutinan pada tanggal (22/09/2023). Kegiatan ini biasanya dimulai pada pukul 5 sore sampai dengan ba'da isya. Untuk kegiatannya sendiri biasanya dilaksanakan dari hari Kamis sampai dengan hari Selasa dan di hari Rabunya dijadikan hari libur. Sedangkan untuk pembimbingnya sendiri merupakan salah satu mahasiswa UIN Bandung bernama Robi Munawarudin.

Dalam kegiatannya selain diajarkan membaca al-Quran atau pun Juz 'Amma, anak-anak juga diajarkan tatacara sholat, wudhu, doa sehari-hari, sholawat, dan tentunya kegiatan-kegiatan yang dapat menambah pengetahuan mereka mengenai agama.

Robi selaku pembimbing serta guru dari TPQ ini juga mengatakan bahwa banyak sekali hal-hal positif yang dapat diambil dari kegiatan yang ia bina tersebut. Robi mengatakan suatu kebanggaan tersindiri dipercaya untuk mengajar di TPQ tersebut yang pada dasarnya mereka masih anak-anak labil yang  sangat membutukan bimbingan tambahan selain dari bimbingan orang tua mereka di rumah.

Selain itu dengan adanya TPQ di masjid Darussholihin para orang tua juga bisa lebih tenang karena tentunya dengan kegiatan TPQ  yang rutin diadakan,  anak-anak menjadi tidak ada alasan untuk keluyuran.

''Untuk mengajarnya  sendiri membutuhkan kesabaran yang lumayan ekstra dan kita juga harus bisa mengkondisikan diri agar anak-anak tersebut tidak merasa tertekan ataupun di paksa serta dengan mengajarkan anak-anak di TPQ juga membuat kita mengerti arti kekeluargaan dan kebersamaan,'' ujar Robi.

Dengan adanya TPQ ini sangat diharapkan pada orang tua untuk dapat mengarahkan anaknya masuk ke majelis-majelis keilmuan yang ada di masjid sekitar rumah,  baik itu TPQ maupun TPA, selain untuk menambah pengetahuan mereka akan agama, dengan adanya TPQ juga bisa membentuk kepribadian seorang anak.

Reporter: Farhan Fadhlur Rohman (KPI 3/A)

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023