Konsisten, DKM Al-Muhajirin Rutin Gelar Pengajian Akhwat Meski Sepi Peminat

Dakwahpos.com, Bandung – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin yang beralamat di Jl. Manglayang, RT.05/RW.08, Palasari, Kec. Cibiru, Kota Bandung menggelar pengajian akhwat pada hari sabtu, (23/9/2023). Kegiatan ini rutin digelar setiap Hari Sabtu dari setelah ashar sampai sebelum maghrib sekitar pukul 15.30-17.30 WIB. 
 
Kegiatan rutin ini telah berjalan sekitar 9 tahun yang lalu, yaitu dari semenjak masjid ini berdiri, dan selalu dihadiri oleh ibu-ibu setempat. Akan tetapi kegiatan rutin ini hanya dihadiri oleh sebagian ibu-ibu setempat, dan hanya diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran bersama. Berbeda dengan pengajian ibu-ibu yang biasanya sering dipadukan dengan majelis ta'lim dengan adanya penceramah. "Pengajian ibu-ibu hari sabtu ini memang hanya diisi dengan ngaderes Al-Qur'an bersama, kalau pengajian ibu-ibu yang ada penceramahnya itu adanya setiap hari rabu, pukul 2 siang sampai ashar" ungkap Pak Mawardi, salah satu pengurus DKM Al-Muhajirin. 
 
Meskipun pengajian ini bisa dibilang kurang dipandang oleh sebagian ibu-ibu yang lain, pengajian ini tetap konsisten dilaksanakan. Mengingat kegiatan rutinan ini sudah sangat lama dilaksanakannya.  
 
Menurut para jamaah, alasan pengajian hari sabtu ini sedikit yang hadir, yaitu karena kebanyakan ibu-ibu setempat lebih memilih pengajian di masjid lain yang dimana di sana ada ceramahnya. Dan alasan mengapa para jamaah yang hadir masih setia dengan pengajian di Masjid Al-Muhajirin, karena mereka tidak ingin meredupkan kegiatan masjid yang telah biasa mereka laksanakan. 
 
Walaupun hanya diisi dengan membaca Al-Qur'an bersama dan tanpa adanya sesi ceramah/siraman rohani, dengan diadakannya pengajian rutin seperti ini para jamaah secara langsung telah menghidupkan suasana masjid yang ada di kawasan jamaah setempat. Di samping itu, kekonsistenan para jamaah ini juga patut diapresiasi.  
 
Dengan diadakannya kegiatan rutin ini, diharapkan bisa menjadi ladang pahala serta jembatan menuju kepada ridho dan rahmat Allah SWT.  
 
Reporter : Ihsan Kamil Rahmatilah, Mahasiswa KPI/3B 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023