Dosen UIN Bandung Isi Kajian Mingguan Masjid Ar-Risalah Baleendah

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Ar-Risalah yang berlokasi di Komplek Wartawan, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Menyelenggarakan kajian mingguan tentang Kejujuran dan Perkataan yang Baik di isi oleh Ustadz KH. Mahrus As'ad M.Ag. pada hari Minggu (24/09/2023). Kajian mingguan ini rutin dilaksanakan setiap hari Minggu setelah shalat shubuh.

Pada kajian ini, Ustadz KH. Mahrus As'ad M.Ag membawakan tema tentang Kejujuran dan Perkataan yang Baik. Kejujuran dan perkataan baik sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam segala hal, seperti di hadist yang berbunyi  إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ artinya adalah "sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya". Kalimat ini berasal dari penggalan Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Maka segala sesuatu akan baik apabila niat dan tujuan nya baik pula.

"Allah sudah memberikan hal-hal yang sangat mahal yang harus kita pelihara. Ada 4 mutiara yang harus di jaga, di perbaiki dan di pelihara yaitu: yang pertama adalah akal yang kedua adalah agama yang ketiga adalah rasa malu yang ada dalam diri kita yang keempat adalah amal sholeh" ujar Ustadz KH. Mahrus As'ad M.Ag.

Menurut aliran jabariyyah semua yang dilakukan di bumi berdasarkan takdir dari Allah. Adapun aliran Qadariyyah berdasarkan keinginan hamba itu sendiri. Manusia hanya berusaha mencari kebenaran karena kebenaran hanya milik Allah, Maha Benar. Allah yang Maha Tahu yang disampaikan benar apa tidak.

Allah tidak pernah memaksa hambanya ingin memilih baik atau buruk karena itu tergantung pada pilihan masing-masing setiap manusia. Kalau ada yang baik maka datang dari Allah, dan kalua ada yang jelek maka datang dari diri sendiri.

Dalam kajian ini pula, dapat disimpulkan yang dimaksud dengan jujur dan perkataan baik adalah memberikan sesuatu yang sesuai dengan apa yang ada atau berdasarkan fakta yang terjadi. Disini juga di jelaskan bahwa kita harus selalu mengingatkan apabila ada yang melakukan hal buruk apabila tidak maka dosa karena tidak mengingatkan keburukan.

Reporter: Husna Oktavia. KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023