DKM Kifayatul Achyar Gelar Salat Jum’at Tema “Meningkatkan Amal Ibadah kepada Allah Swt”

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Kifayatul Achyar mengelar Salat Jum'at pada hari Jum'at(22/9/2023). Pada salat Jum'at ini khotib sekaligus Imamnya dipimpin oleh Ustadz Solihin S.Ag dengan tema khutbah "Meningkatkan Amal Ibadah kepada Allah Swt".

Dalam Salat Juma'at ini khotib akan menyampaikan kepada para jama'ah bahwa jama'ah harus selalu meningkatkan amal ibadah kepada Allah Swt. Selain itu khotib juga berpesan bahwa jama'ah harus menjaga amal ibadah agar pahala amal ibadah tidak rusak karena sifat dan perilaku jama'ah sendiri.

Dalam hal ini khotib menegaskan bahwa ibadah yang sering jama'ah lakukan seperti Salat berjama'ah, puasa Senin Kamis, ibadah Haji dan Umrah itu semua belum tentu cukup. Ustadz Solihin S.Ag mengingatkan bahwa ada enam perkara yang membuat pahala amal ibadah hilang:
1.Sibuk mencari kesalahan dan aib orang lain sementara dirinya lupa akan kesalahan yang ada pada dirinya sendiri.
2.Hatinya keras tidak mau menerima saran atau nasehat dari orang lain. Nasehat menurut Imam Al-Gazali ada dua yaitu: Nasehat yang datang dari dirinya.  Contohnya: miskin, kaya, sehat, sakit, hidup, dan kematian atau nasehat yang datang dari luar seperti umur yang terus berkurang tapi masih melakukan                                maksiat.
3.Terlalu mencintai dunia sampai dia lupa akan kehidupan akhirat.
4 Sedikitnya rasa malu bahkan hampir hilangnya rasa malu. Contohnya: Hilangnya rasa malu tidak salat berjama'ah dan rasa malu ketika berbuat maksiat..
5.Panjang angan-angan, harapan dan cita-cita tapi tidak diiringi dengan ikhtiar dan doa.
6.Terus berbuat zalim tanpa henti-hentinya. Zalim kepada dirinya, zalim kepada sesama, dan zalim kepada Allah Swt.

Ustadz Solihin S.Ag berpesan jika salah satu dari enam perkara ini ada pada diri jama'ah maka akan membuat pahala amal ibadah rusak dan terus berkurang sedikit demi sedikit tanpa disadari. Oleh karena itu, mohonlah doa kepada Allah agar dijauhkan dari enam perkara  tersebut sehingga bisa terus meningkatkan amal ibadah dan mendapatkan ridha Allah Swt.

Rajulun Azmi, Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023