Meratapi Takdir Atau Mensyukuri Takdir

Dampak kesehatan letusan gunung berapi kita sudah mengetahui banyak hal yang berdampak bagi kesehatan kita atas letusan gunung bearapi.
Namun, di balik dampak tersebut kita juga bisa mengambil beberapa manfaat dari dampak letusan gunung berapi yang tentunya kita juga harus bersyukur atas apa yang sudah terjadi.

Menurut saya ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari dampak tersebut di antaranya,sumber penyimpanan air. Sebagai tempat penyimpanan air gunung mengalirkan airnya ke tempat yang lebih rendah hingga bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dan yang kedua menyuburkan tanah,
Abu vulkanis yang dikeluarkan gunung berapi saat terjadi letusan dapat menyuburkan tanah pertanian karena bnyak mengandung unsur hara tanaman. Selanjutnya,menghasilkan bahan mentah karena letusan gunung berapi adalah terbentuk keluarnya magma dari dalam bumi, magma yang keluar dari bumi bnyak membawa logam dan barang tambang lainnya.Dan yang terakhir,menjalankan usaha perkebunan untuk daerah yang bergunung api biasanya merupakan daerah tinggi sehingga dapat di manfaatkan sebagai daerah perkebunan dan daerah pariwisata.

Saat terjadi erupsi gunung berapi yang letusannya cukup dahsyat tentu bisa membuat kita cemas dan ketakutan,hal ini memang tidak jarang terjadi di indonesia yang memiliki begitu banyak gunung berapi.
Oleh karena itu untuk kita bisa terus mendapat manfaat dari gunung berapi ini kita setiap manusia harus selalu menjaga kelestariannya dan tidak sembarangan merusak alam.

Carine Ramadhani
Mahasiswi KPI UIN BANDUNG

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023