Mengatur Waktu Di Dunia Maya Agar Nggak Mudah Insecure

Oleh : Muhammad Rizqi Rainer

Mengatur waktu berselancar di dunia maya merupakan hal yang penting untuk dilakukan, terutama dalam era teknologi yang semakin maju saat ini. Berselancar di dunia maya dapat memberikan banyak manfaat, namun juga dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan mental dan fisik jika tidak dilakukan dengan bijaksana.

Salah satu cara untuk mengatur waktu berselancar di dunia maya adalah dengan membatasi jumlah waktu yang digunakan untuk berselancar di internet. Membatasi jumlah waktu yang digunakan untuk berselancar di internet dapat mencegah seseorang terjebak dalam kecanduan internet, sehingga dapat menjaga kesehatan mental dan fisik.

Insecure salah satu dampat terkadap mental kita, dimana kita selalu membandingkan diri kita dengan kehidupan orang lain yang lebih dari kita, baik paras, harta atau jabatan. Padahal apa yang ditampakkan di dunia maya bisa jadi tidak sesuai dengan dunia nyata.

Mengatur waktu berselancar di dunia maya juga dapat dilakukan dengan cara memilih aktivitas yang bermanfaat dan menghindari aktivitas yang merusak. Misalnya, lebih baik memilih untuk menonton video edukatif atau membaca artikel yang bermanfaat daripada hanya menghabiskan waktu di sosial media atau bermain game.

Kita juga dapat mengatur waktu berselancar di dunia maya dengan cara mengelola notifikasi dari aplikasi yang terinstall di perangkat. Mematikan notifikasi dari aplikasi yang tidak terlalu penting dapat membantu seseorang lebih fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan, sehingga dapat mengurangi gangguan yang ditimbulkan oleh notifikasi yang terus-menerus masuk.

Mengatur waktu berselancar di dunia maya merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar dapat menjaga kesehatan mental dan fisik serta mengelola waktu secara efektif. 

Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
Muhammad Rizqi Rainer/KPI-3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023