Hati-Hati Dalam Menggunakan Media Sosial


Pada saat ini media sosial merupakan bagian dari kehidupan manusia. Tidak bias dipungkiri lagi penggunaan media sosial telah merambat ke berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kemajuan teknologi pada era globalisasi pada masa saat ini membuat masyarakat semakin mudah untuk mengakses media sosial mereka dapat menerima dan juga menyebarkan informasi ke siapapun di dunia ini hanya dengan menggunakan media sosial.
Di dalam media sosial juga terdapat banyak sekali informasi yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan akibat dari masyarakat yang hanya mengambil ataupun menerima informasi itu dan tidak mencari tahu kebenaran dari informasi tersebut hingga mengakibatkan banyak yang termakan berita hoax akibat dari informasi yang tidak benar di media sosial.
Dalam UU ITE juga sudah dijelaskan barang siapa yang mencemarkan nama baik, fitnah ataupun berita bohong dapat dikenakan hukuman dan dimasukkan ke dalam penjara. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus lebih teliti lagi dalam menerima dan menyebarkan informasi agar tidak termakan hoax dan sesuai dengan informasi yang sebenarnya.

Aziz Abdurrahman N
Mahasiswa KPI UIN Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023