Dampak Globalisasi Bagi Generasi Penerus Bangsa

Oleh

Anifa Tazkia Ramadhani

 

Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan (wikipedia.org). Dengan segala perkembangan yang terjadi pada saat ini, seperti berkembagnya bidang teknologi, komunikasi dan transportasi menyebabkan dunia mengalami era globalisasi. Informasi yang dulunya sulit untuk didapat menjadi sangat mudah diakses pada era ini, dan itu semua menyebabkan informasi di seluruh dunia terbuka untuk semua orang.

Tentunya dengan adanya globalisasi ini memberikan dampak positif dan negatif pada dunia, khususnya di Indonesia. Pesatnya informasi menyebabkan mudah masuknya kebudayaan asing ke Indonesia, tapi kebudayaan yang masuk itu kebanyakan tidak mendapatkan filterisasi terlebih dahulu sehingga membuat kebudayaan Indonesia luntur dan dilupakan oleh penerus bangsa.

Banyak pula dampak positif yang didapatkan dengan adanya globalisasi, dimana smeua orang mendapatkan kemudahan diberbagai bidang, namun tetap saja jika kemudahan-kemudahan itu tidak dimanfaatkan dengan baik, dampak negatif akan lebih dominan dikalangan masyarakat apalagi generasi remaja.

Maka dari itu, kita tau perlunya filterisasi dan juga edukasi untuk era globalisasi ini, untuk kemaslahatan generasi penerus bangsa kedepannya. Tentunya, kita semua tau akan krisis ini, dan penulis yakin bahwa semua orang paham dan sadar akan dampak globalisasi. Maka dari itu, apakah kita semua akan membiarkan globalisasi ini merusak para peneus bangsa? Mari bersama-sama bangun Indonesia yang lebih sadar akan kebudayaan dan juga identitas negeri sendiri.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023