Plat Kendaraan Picu Pengendara Arogan


Hanif Prasetya

Arogansi di jalanan tidak hanya dipicu oleh kendaraan yang dirasa mewah oleh pengguna akan tetapi, plat kendaraan pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sudah banyak kita temui pengendara yang menggunakan kendaraan mewah terlihat begitu arogan di jalan, mereka menganggap diri merekalah yang berkuasa dan harus dihormati oleh seluruh pengguna jalan lain. Tidak hanya pengguna kendaraan mewah saja, kendaraan yang memiliki plat khusus juga sering berlaku arogan di jalan. seperti kendaraan berplat merah atau kendaraan dengan plat RFH.

Diambil dari beberapa sumber, plat RFH adalah jenis plat mobil yang digunakan khusus oleh pejabat negara eselon II atau setingkat Direktur kementerian. Adapun RFH ini singkatan dari Reformasi Hukum, yang mana kendaraan ini digunakan oleh petinggi departemen pertahanan serta keamanan. Diketahui juga bahwa plat RFH ini adalah varian dari plat nomor RF yang memang mempunyai beragam varian sesuai instansinya.

Pengendara merasa lebih arogan ketika mengendarai mobil dengan plat RFH, walaupun itu bukan kendaraan milik mereka sendiri. Seperti aksi pengendara mobil plat RFH menghajar seorang pria di tepi jalan Tol Dalam Kota langsung viral di media sosial. Usut punya usut, korban bernama Justin Frederick ternyata anak anggota DPR RI fraksi PDIP, Indah Kurnia. Hal ini tentu tidak dibenarkan karena sebagai pengendara kita tetap harus menghormati pengrndara lain sekalipun kita mempunyai jabatan yang tinggi.
Apalagi untuk para pejabat dengan mobil berplat merah yang seharusnya tetap bersikap sederhana dan tidak arogan ketika di jalan. Masyarakat akan lebih merasa aman dan lebih menghormati pejabat ketika mereka tidak bersikap arogan. Bagaimana arogansi di jalanan bisa hilang ketika pejabat saja mencontohkan hal tersebut. Mari hilangkan budaya arogansi di jalan yang seharusnya dicontohkan oleh Pejabat Negara kita.

Hanif Prasetya

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023