Kebisingan Pengaruhi Konsentrasi Jamaah Salat Jumat di Masjid Jami Babussalam


Dakwahpos.com, Bandung – Salat Jumat dilaksanakan di Masjid Jami Babussalam yang beralamatkan di Jalan Kavling Mekar Biru Blok C Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung berjalan dengan cukup khidmat meskipun jamaah kurang konsentrasi ketika menyimak khutbah Jumat. 

Salat Jumat dilaksanakan tepat pada pukul 11.45-12.10 WIB. Dengan Sholeh sebagai muadzin, dan Deden sebagai imam salat Jumat.

Masjid yang dapat menampung 250 jamaah tersebut terbilang strategis karena berada di pinggir jalan. Sehingga, tidak sedikit para sales dan pedagang ikut melaksanakan salat Jumat di sana juga.

"Kebahagiaan dibagi menjadi kebahagiaan duniawi dan ukhrawi. Kebahagiaan duniawi mencakup usia yang panjang, kekayaan dan kemuliaan. Sedangkan kebahagiaan ukhrawi mencakup kekekalan tanpa kepunahan, kekayaan tanpa kebutuhan, kemuliaan tanpa kehinaan, dan pengetahuan tanpa kebodohan," Ujar Deden, imam salat Jumat.

Lebih lanjut, Deden juga menjelaskan dahsyatnya istighfar "Dahsyatnya istighfar diantaranya menghapus dosa, mengabulkan do'a, pembuka pintu rezeki, dipermudah dalam segala urusan, terhindar dari musibah, dan mendapatkan kebaikan di dunia," Ujarnya. 

Setelah salat Jumat, diadakan kegiatan Jumat berkah. Di mana kegiatan tersebut adalah membagikan minuman kepada jemaah ketika selesai salat Jumat. 

"Kegiatan selain salat Jumat ada kegiatan Jumat berkah. Untuk yang suplay makanan tidak ada, kalau minuman ada," Kata Tedi Setiadi, Ketua RW setempat. 

Seringkali salat Jumat berjalan kurang kondusif dikarenakan ramainya suara anak-anak dan masjid yang terletak di dekat sekolah dasar. Menyikapi hal tersebut, Tedi Setiadi membiarkan anak-anak berbuat kebisingan karena dalam shalat Jumat tidak diperkenankan untuk berbicara. 

"Kendala ketika sholat jum'at di masjid ini paling berisik karena dekat dengan sekolah dasar. Ingin menegur pun tidak bisa karena dalam sholat jum'at dilarang untuk berbicara,". Ujar Tedi Setiadi (14/10/2022). 

Siti Sulistiyani
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Kuningan, Jawa Barat
085721493302

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023